oleh

Sambut Banjir Akhir Tahun Pemprov Siapkan Bantuan

Khusus untuk Korban Bencana di Sumsel

PALEMBANG, SuaraSumselNews | ANTISIPASI meningkatnya intensitas hujan pada Akhir tahun ini, kini Pemprov
Sumatera Selatan menyiapkan bantuan untuk masyarakat korban bencana.Dan persiapan itu dilakukan karena berdasarkan prakiraan BMKG akan ada potensi peningkatan intensitas hujan.

“Stok bantuan berupa beras dan barang lainnya untuk korban banjir dan tanah longsor tersimpan di gudang Dinas Sosial provinsi dan 17 kabupaten/kota,” ujar Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, Sabtu (13/11)

Andainya sewaktu-waktu terjadi bencana, seperti banjir di Desa Kepayang, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada Jumat (12/11/2021), bantuan segera disalurkan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana.

Kata Mawardi, stok beras yang dialokasikan khusus untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana pada suatu daerah saat ini tersedia 100 ton per kabupaten dan kota. “Jika ada masyarakat mengalami bencana banjir dan tanah longsor, bisa segera diberikan bantuan sehingga dapat dicegah timbulnya masalah sosial seperti rawan pangan,” terangnya.

BACA JUGA:  DPRD Sumsel dan Pemprov Sepakati KUA-PPAS 2022

Beberapa daerah berpotensi terjadinya bencana tanah longsor yang menjadi pusat perhatian seperti Kabupaten Lahat, Empat Lawang, OKU Selatan, dan Kota Pagaralam, mengingat daerah tersebut berada di dataran tinggi.

Sedangkan daerah yang kemungkinan berpotensi terjadi bencana banjir adalah yang berada di kawasan dataran rendah seperti Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musirawas, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

“Masyarakat yang berada di daerah tersebut diimbau agar meningkatkan kewaspadaan. Sehingga diharapkan permasalahan sosial akibat dampak bencana pada musim hujan dapat dihindari atau paling tidak bisa diminimalkan,” tutur Wagub Sumsel ini.(ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait