oleh

RSMH Siapkan 9 Ruang ICU Covid-19

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, dr Bambang Eko Sunaryanto SpkJ MARS dan direksi meresmikan 9 ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 (ruang bertekanan udara negatif), Rabu (19/5).

Bambang mengatakan bahwa RSMH Palembang terus melakukan peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya, yakni penambahan ruang ICU isolasi pasien Covid-19.

”Saat ini RSMH Palembang telah memiliki 19 Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19,” kata dia.

Ditambahkannya, sebelumnya RSMH telah memiliki 10 Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 dan saat ini RSMH masih membangun lagi 7 Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19.

”Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 yang masih dalam proses penyelesaian ada 7 ruangan. Sehingga jumlah ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 RSMH sebanyak 26 ruangan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pemprov Sumsel Salurkan 100 Ton Beras untuk 120 Desa di Ogan Ilir

Dirut RSMH Palembang itu juga menjelaskan, Ruangan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 atau Ruang bertekanan udara negative adalah ruangan isolasi yang dilengkapi alat khusus untuk menghisap aerosol. Sehingga jika ada aerosol di dalam ruangan, tidak akan sampai keluar.

”Ruangan ICU Covid-19 atau ruangan isolasi bertekanan udara negatif ini akan mengurangi kontak tenaga medis secara efektif sehingga menurunkan kemungkinan penularan.

Ruangan yang telah di desain dengan sedemikian rupa agar tekanan dalam ruangan tersebut lebih rendah dibandingkan tekanan udara di luar ruangan.

”Dengan kondisi tersebut, udara yang berada dalam ruangan bertekanan negatif tidak akan bisa keluar melalui bukaan celah atau pintu,” ujarnya.

BACA JUGA:  Deru : Syarat Infrastruktur Piala Dunia U-20 di Sumsel Hampir 100 Persen

Untuk menghasilkan sebuah ruangan yang bertekanan negative maka udara yang keluar dari ruangan tersebut haruslah lebih besar di bandingkan kapasitas udara yang masuk ke dalam ruangan.

Jumlah keseluruhan TT Covid RSMH di 177 ruangan, sudah termasuk 19 Ruang ICU Covid-19.

”Untuk jumlah pasien yg dirawat sampai sore ini Rabu (19/5/ 2021) Pukul 18.00 sebanyak 68 pasien,” ungkapnya. (asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait