oleh

Peserta Wisuda Unisti Harus Menunjukkan Hasil Antigen Negatif

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Wisuda ke-42 Universitas Sjakhyakirti Palembang, Sarjana Strata-1 dan ke-21 Pascasarjana dilangsungkan di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, dihadiri Gubernur Sumsel H Herman Deru, Sabtu (18/9/21).

Rektor Universitas Sjakhyakirti Palembang Prof Dr. Ir. H. Faizal Daud MS mengatakan, untuk wisuda tahun ini sama seperti tahun lalu yakni masih di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini diterapkan protokol kesehatan yang ketat dan setiap yang masuk harus menunjukkan hasil antigen terlebih dahulu yang tentunya harus negatif. Semua yang hadir wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.

Faizal Daud menjelaskan, bahwa tahun ini ada peningkatan. “Tahun ini ada peningkatan kualitas. Pasalnya, banyak wisudawan yang memiliki nilai IPK nya lebih baik walaupun di masa pandemi seperti saat ini. Jadi ini sesuatu yang luar biasa, terbukti dengan sistim daring nyatanya tidak kalah dengan sistem tatap muka,” ungkapnya.

Dia menuturkan, jumlah mahasiswa yang diwisuda tahun ini sebanyak 591 orang terdiri dari strata 1 dan strata 2.

BACA JUGA:  Kapolda Sumsel Silaturahmi Bersama Awak Media di RM Pagi Sore

“Proses wisuda di tahun ini mereka dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama sebanyak 286 orang dan sesi kedua sebanyak 305 orang,” bebernya.

Ia menambahkan, selain itu untuk pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2021 ini di Universitas Sjakhyakirti mengalami peningkatan. Walaupun diakui saat ini ada nya penurunan minat masyarakat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

“Hingga saat ini alumni sudah lebih dari 18 ribuan yang telah tersebar di berbagai sektor baik ASN di Pemerintahan maupun di swasta,” bebernya.

Dia berharap dengan para alumni dapat terus mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah di Sumsel. “Para alumni harus bisa meningkatkan kemampuan diri, sesuai dengan kondisi zaman,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru didaulat menjadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Sjakhyakirti (Unisti). Hal ini dilakukan langsung oleh Rektor Unisti dalam Sidang Senat Terbuka Khusus Terbuka Unibersitas Sjakhyakirti saat Wisuda ke-42 Program Strata 1 dan Wisuda ke-21 Program Strata 2.

BACA JUGA:  Pemprov Sumsel Dinobatkan Anugerah Humas Indonesia Terpopuler di Media Digital

Terkait kepercayaan yang telah diberikan, Gubernur Herman Deru menyampaikan ucapan terimakasih. Iapun berkomitmen akan menjadikan ini tantangan baru untuk mewujudkan kemajuan kampus Unisti dan Sumsel kedepan. Seperti diketahui sebelum didaulat menjadi Ketua IKA Unisti, Herman Deru selama ini juga telah dipercaya menjadi Ketua IKA Fakultas Hukum di Unisti.

“Ini menjadi tantangan baru lagi buat Saya. Terima kasih atas kepercayaan yang berikan. Mari sama-sama kita majukan lagi Kampus Unisti ini dan juga Sumsel,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu HD juga menitipkan beberapa pesan kepada para ratusan sarjana baru yang diwisuda. Menurutnya wisuda adalah gerbang tantangan baru yang harus disikapi dengan tanggungjawab yang besar oleh par lulusan. Baik itu kepada almamater, keluarga, bahkan masyarakat. Karena itu Iapun mengingatkan para wisudawan untuk selalu menjaga kehormatan almamater.

BACA JUGA:  PLN Cabang Sukarame Kontrol Sistem Kelistrikan Rutan Klas I Palembang

Yang tak kalah penting juga kata Herman Deru sebagai kaum intelektual, para sarjana hendaknya dapat menjadi motivator bagi junior-junior bahkan kepada para senior.

“Selain itu kalian juga harus jadi insan yang inspiratif. Telurkanlah ide-ide baru, dan bawalah perubahan. Tapi jangan star syndrome, merasa sudah menjadi bintang karena ini akan sangat merusak spirit,” tegasnya.

Adapun proses wisuda ini dilakukan dengan prokes yang ketat. Dimana proses wisuda 591 orang lulusan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama sebanyak 286 orang dan sesi kedua sebanyak 305 orang.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( LL Dikti) Wilayah II periode 2020 sampai dengan 2024,.Prof Yuliansyah, SE, MSA, PhD, Akt, CA, Ketua Yayasan Sjakhyakirti Ir. Hj. Endang Darma Setiaty Titaley M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Riza Fahlepi, dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.(Asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait