Prioritas Kemiskinan dan Pengangguran

Wujudkan Palembang Emas Darussalam

PALEMBANG, SuaraSumselNews RAPAT Paripurna Istimewa DPRD Kota Palembang serah terima jabatan dari Pj Wali Kota ke Wali Kota dan Wakil Walikota Terpilih 2018-2023. Serta penyampaian visi dan misi wali kota, Rabu kemarin (19/9).

Wako Harnojoyo menuturkan,  Pilkada Palembang 27 Juni lalu telah usai. “Kami ditetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. Dan miliki visi-misi untuk wujudkan Palembang Emas Darussalam 2023,” jelasnya.

Pidato visi dan misi wali kota periode 2018-2023, Harnojoyo menegaskan, rasa syukur Selasa, (18/9) dirinya bersama Fitrianti Agustinda telah dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang. Terima kasih pada semua pihak. Utamanya  Pj Walikota dan DPRD Kota, Ketua Panwaslu, KPU Palembang dan  pasukan Pengamanan dari Polri dan TNI yang mensukseskan Pilkada.

Kata Harnojoyo,  wujudkan pembangunan infrastruktur perkotaan harusnya berbasis teknologi dan informasi. Termasuk mewujudkan masyarakat yang religius,  berbudaya dan beretika. “Misi utamanya adalah wujudkan Kota Palembang yang dinamis. Sekalian, wujudkan ekonomi kerakyatan, wisata sungai dan budaya serta even olahraga kelas dunia,” bebernya.

Prioritas pembangunan Kota Palembang 2018-2023 adalah penanggulangan kemiskinan, pengangguran, peningkatan kualitas, pelayanan pendidikan dan kesehatan. Kemudian,  peningkatan kualitas infrasteultur, penataan tata ruang kota, peningkatan kesejahteraan sosial serta kesetaraan keadilan gender, maupun peningkatan kualitas perencanaan berbasis teknologi dan informasi.

“Visi dan misi dibuat dua program unggulan.Masing-masing,  gerakan sholat subuh berjemaah dan gotong royong masyarakat. Perwali gerakan sholat subuh bersama telah ditandatangani,’’ terangnya.

Sedangkan, gotong royong kita ajak masyarakat tidak buang sampah sembarangan. Perilaku masyarakat kita rubah. Impelemtasi program unggulan inilah yang menghantarkan Palembang terbaik dalam perencanaan oleh Bapenas RI.  Program ini mampu merangkul semua pihak dengan program inovasi daerah yang diapresiasi pemerintah pusat,” bebernya.

Urai Harnojoyo, pihaknya fokus membahas visi dan misi ini ke RPJMD menjadi Raperda. “Kami siap mengembang masyarakat Palembang selama 5 tahun kedepan.  Kita semua bersaudara, mari wujudkan Palembang Emas Darussalam 2023,” harapnya.

Sementara, Pj Wali Kota Palembang yang juga mewakili Gubernur Sumsel Akhmad Najib mengakui, dirinya selama 6 bulan menjadi Pj telah meneruskan program Pak Harnojoyo. “Banyak yang diraih Pemkot Palembang, misalnya,  juara umum MTQ Sumsel,  terbaik pertama pembangunan daerah dari Gubernur Sumsel.

Penghargaan dengan perencanaan dan pembangunan terbaik dalam Musrembang 2018 dan penghargaannya diberikan langsung oleh Presiden,  Adipura Kencana, Pemilukada berjalan aman dan lancar. Bahkan kita sukses melaksanakan Asian Games 2018,” tuturnya.

Najib berharap Palembang lebih maju lagi. “Palembang punya LRT,  jembatan musi  dan Jakabaring Sport City (JSC).  Bangsa lain memuji fasilitas JSC yang kita punya. Kita dukung program Pak Harnojoyo kedepan. Semoga sukses memimpin Palembang,” tandasnya.

Wakil Ketua DPRD Palembang, M Adiansyah menambahkan, pihaknya berharap RPJMD betul-betul teralisasi. Dan dapat dibahas di Pansus. “Visi adalah pelaksanaan teknis dari kebijakan tersebut.’’

Penyusunan RPJMD ini sangat berhubungan langsung dengan dinas. Jadi sebelum RPJMD dimasukan ke Pansus dan badan legislasi dapat dimatangkan di OPD.  Tolong kehadirannya Kepala Dinas saat pembahasan RPJMD,” pintanya. (*)

laporan : yulie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *