Breaking News Palembang

Karya Jurnalis Dua Mata Pisau

Satu Sisi Edukatif, Satu Sisi Ekonomi

PALEMBANG, SuaraSumselNews | KABID Pengelola Informasi Publik Diskominfo Sumsel, Amrullah mengatakan, media massa dan media sosial (medsos) tak bisa dipisahkan. Karena karya jurnalis bagai dua mata pisau, satu sisi edukatif, di satu sisi lembaga ekonomi untung rugi perusahaan.

Penegasan ini dia kemukakan saat menghadiri acara  Editor’s Forum Media Bermartabat yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Hotel Aston Palembang, Rabu kemarin.

“Media harus menjaga martabatnya untuk menjaga situasi kondusif, jadi peran media signifikan. Dan media masa dituntut mengedepankan informasi yang netral dalam pemilu dan sebagai sosial kontrol sosial. Media pada pemilu harus menyuarakan kebenaran dan harus netral, ” jelasnya.

Juga Direktur Pengelolaan Media Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Siti Meningsih menegaskan, acara ini diselenggarakan bertujuan wujudkan pers menjadi penjaga keutuhan nasional. Dimana, sebelumnya kegiatan ini telah diselengarakan di Surakarta, Denpasar, Makasar, Banyuwangi, Banjarmasin, Kupang dan Kota Palembang.

“Pers dan pemilu masing masing memiliki potensi dan tugas yang amat penting. Keduanya punya peran yang strategis. Proses pemilu dalam rangka mencari pemimpin, jangan sampai masyarakat terpecah belah,’’ paparnya.

Sementara, Koordinator Kukus Media Pemilu, Agus Sudibyo yang ikut hadir mengatakan, Indonesi adalah negara dengan pemilu terbesar nomor 4 di dunia. Pada pemilu 2019 ada Pilpres dan Pileg. “Nanti ada 5 kertas suara. Untuk pileg ada 20.5000 kursi yang diperebutkan dengan 300 ribu kandidat.

“Untuk jumlah TPS 850 ribu TPS, dan 5 juta orang penyelenggara. Ini pesta demokrasi yang luar biasa. Kita akan mensukseskan hajatan pesa demokrasi, ” ucapnya.

Tambah Agus, menjaga kerukunan, toleransi, tenggang rasa dan saling menghargai. “Ruang media harus mencerahkan dan mendinginkan kalau situasi sedang panas. Peran pers sangat besar, media jadi garda terdepan terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa. Sumsel ruang medianya masih kondusif, ruamg publik masih berkualitas, ” tutupnya. (*)

laporan : yulie
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment