ICMI Buka Mart Halalan Toyibah

Pelaksanaannya Usai Idul Fitri 1439 H

PALEMBANG, SuaraSumselNews- ICMI Sumsel usai lebaran Idul Fitri 1439 H nanti akan membuka Mart HalalanToyibah. Dan produk yang benar-benar teruji  kehalalannya yang dijual di Mart Halalan Toyibah.

Hal tersebut diungkapkan, Ketua ICMI Sumsel Prof Dr Ir H Anis Saggaf disela-sela acara buka bersama Pengurus ICMI di Rumah Dinas Rektor, Minggu kemarin (3/6).

Anis Saggaf menjelaskan, satu minggu setelah lebaran Idul Fitri 1439 H, ICMI Sumsel akan meletakan batu pertama pembukaan Mart Halalan Toyibah di dekat Masjid Al Ghazali Unsri. “Produk yang boleh masuk, hanya yang lolos ‘halal’. Jadi perusahaan, harus benar-benar menjamin halal produknya.

Mudah-mudahan kita mampu melayani umat dengan benar. Maksudnya, agar masyarakat tidak terbebani dengan harga dan juga kehalalannya,” ujarnya.

Kata Anis, Mart Halalan Toyibah itu milik ICMI, dimana pengurus mengumpulkan anggarannya. Namun jika perkembangannya, semakin bagus maka akan main saham. “Kita bangun dulu  mart ini, kalau peminatnya banyak, kedepan bisa kita kembangkan lagi,” katanya.

Ditambahkan, pihaknya sudah lama merencanakan pembukaan Mart Halalan Toyibah ini. Namun, baru bisa terwujud setelah lebaran Idul Fitri nanti. “Setelah Mart Halalan Toyibah ini beroperasi, maka makin banyak pilihan masyarakat untuk membeli produk-produk yang halal. Sehingga masyarakat tak was-was lagi berbelanja, karena takut produk yang dibeli tidak halal,” bebernya.

Dikatakan, agar produk yang dijual nanti, benar-benar terjamin kehalalannya. Pihaknya akan bekerjasama dengan MUI dan Unsri yang sudah memiliki pusat kajian halal itu.

“Mart Halalan Toyibah ini tidak komersil. Nanti kita hitung kalau ada donatur yang ingin dana abadinya disini. Ini adalah kesempatan yang bagus. Kita kejar hulunya, setelah itu kita juga akan masuk ke hilirnya, agar kita benar-benar yakin produk yang masuk ke Mart Halalan Toyibah halal,” tandasnya.

Disinggung mengenai Lomba MTQ dan Cepat Tepat Islami yang digelar ICMI Sumsel, Anis menuturkan, peserta tahun ini sangat banyak. Totalnya mencapai 108 orang. Pesertanya beragam dari remaja hingga dewasa. “Yang membuat saya bangga, yang menang banyak dari SMA umum. Ini adalah cikal bakal Pemda yang akan datang dapat bekerjasama dengan ICMI untuk menghasilkan SDM yang berkualitas di bidang agama.

Karena itu tidak hanya pembangunan ekonomi saja, tapi SDM. Kedepan, kita akan bekerjasama dengan Pemprov Sumsel agar cabang perlombaannya lebih banyak dan hadiahnya juga lebih menarik. Dengan pesertanya lebih banyak lagi,” kilahnya. (*)

laporan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *