Breaking News Nasional Palembang POLITIK

DPRD Tetapkan Gubernur Sumsel

SK Penetapan Deru-Mawardi Segera Dikirim ke Mendagri

PALEMBANG, SuaraSumselNews – DEWAN Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Sumsel gelar Rapat Paripurna Istimewa XXIV  dengan agenda pengumuman hasil penetapan KPU. Khususnya perihal Gubernur — Wakil Gubernur terpilih hasil penetapan kepala daerah tahun 2018, Kamis (16/8).

Raat paripurna dipimpin Plt Ketua DPRD Sumsel M Yansuri. Dalam rapat paripurna tersebut, Yansuri mengungkapkan, 13 Agustus 2018, pihaknya menerima Surat dari KPU Sumsel Nomor 436/PL.03.7/Kep/qm16/ Prov/VIII/2018 tentang penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih 2018.

Selain itu, telah diterima Surat Keputusan (SK) Mahkamah Konstitusi (MK) terkait putusan sengketa Pemilihan Gubernur Sumsel. Menindaklanjuti hal tersebut, Basmus DPRD Sumsel, Rabu kemaren telah menetapkan rapat paripurna, Kamis (16/68).

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan SK KPU Sumsel akan dituangkan dalam berita acara yang dibacakan Sekretaris DPRD Provinsi Sumsel, Ramdhan S Basyeban yang membacakan SK KPU Nomor 436/PL.03.7/Krp/16/Prov/VIII /2018 Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih 2018.

Menimbang dan menetapkan pertama, Ketua KPU Sumsel menetapkan keputusan Pasangan Calon Terpilih 2018 pasangan Herman Deru dan Mawardi Yahya Gubernur dan Wakil Gubernur dengan perolehan suara sah 1.394.438 suara atau 35,96 persen.

Kedua, pasangan calon sebagaimana diktum pertama ditetapkan Gubernur Terpilih 2018. Ketiga, Keputusan ini berlaku setelah ditetapkan pada 12 Agustus 2018.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Pendatanganan Berita Acara oleh Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel lainnya.

Usai rapat paripurna, Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel M Yansuri mengatakan, 13 Agustus lalu, KPU mengantarkan berkas Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih. “Yang menerima kami bertiga, saya dengan Wakil Ketua DPRD. Hari ini SK Penetapan Gubernur Terpilih ini kami umumkan dengan Anggota DPRD, kalau kita sudah menerima SK Penetapan Gubernur Terpilih, ” katanya.

Ketika disinggung banyak Anggota DPRD Sumsel yang tak hadir, Yansuri menuturkan, paripurna ini sidang istimewa. Jadi tidak perlu kuorum. “Rapat ini internal Anggota DPRD, OPD yang mau datang silahkan walaupun tidak diundang.

Gubernur terpilih juga boleh hadir. Kami juga mengundang KPU Sumsel walaupun tidak hadir, itu tidak masalah. Karena tanggung jawab mereka sudah selesai,” bebernya.

Saat ini lanjut Yansuri, pihaknya sudah menetapkan Herman Deru dan Mawardi Yahya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Untuk pelantikan dulu kita yang mempersiapkan. Tapi sejak Pemerintahan Presiden Joko Widodo, pelantikan dilaksanakan di pusat.

‘’Kita akan segera mengirimkan SK Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih ini ke Mendagri. Paling lambat 5 hari setelah rapat hari ini,” katanya.

Ketika disinggung kehadiran Anggota DPRD Provinsi, Yansuri mengungkapkan, seluruh Anggota DPRD dari Fraksi Golkar hanya satu yang tidak hadir karena sakit. “Untuk Anggota DPRD dari Fraksi Golkar saya perintahkan untuk hadir semua. Hanya satu yang tidak hadir karena sakit. Yang banyak tidak hadir itu dari fraksi lain, kamu ‘jingoklah’ dewek, ” kilahnya. (*)

laporan : winarni
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment