Breaking News Palembang

Anjal Beraksi, Petugas Adem

Mangkal di Emperan Ruko PTC Mall

PALEMBANG, SuaraSumselNews | AKTIFITAS anak jalanan (Anjal) masih tetap ada, meski telah ditertibkan oleh petugas. Kondisi ini terus berlangsung. Dan memberikan dampak negatif atas kegiatan-kegiatan mereka di jalanan.

Ternyata akitifitas mereka biasanya dari pukul 11.00 WIB hingga larut malam. Bahkan banyak diantara Anjal tersebut, rumah  orang tuanya jauh dari tempat mereka mangkal. Misalnya seperti yang dilakukan Anjal bernama Ifan (10) tinggal di Kenten Laut bersama temannya, Winda (6) yang tinggal di Talang Betutu.

‘’Ironisnya aktifitas mereka diketahui oleh orang tuanya. Bahkan diantarkan oleh ibu mereka ke lokasi seputar PTC Mall Palembang.’’

Diketahui dua anak ini, masih dibawah umur. Ifan sendiri masih berusia 10 tahun. Sedangkan Winsa Azahra umurnya 6 tahun. Dan keduanya tak lagi mengayom bangku sekolah, seperti anak-anak seusia mereka.

Saat dijumpai media ini, ke dua anak ini lagi duduk dipelataran toko yang berada di PTC Mall seputar Jalan Basuki Rahmad. Bila tak salah lokasi ini masuk wilayah Keluarahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III Kota Palembang.

Tak dinyana saat bersamaan media ini sempat bertemu dengan salah satu orang tua dari Anjal tersebut. Yakni bernama, Bu Tia (26), dia mengaku tinggal di Talang Betutu. ‘’Kalau mau bertemu dengan orang tua Wansa teman Ifan, ya bisa dipanggil,’’ sergahnya.

Kata dia, masih banyak Anjal lainnya. Dan mereka datang dari luar kota. Diantaranya dari Kota Prabumulih dan sekitarnya. Dan kegiatan anak-anak ini, kadang tidur di emperan ruko, seputar PTC Mall.

Apa alasan anak-anak ini mangkal di wilayah mall dan strategis itu? Ya beragam. Ada yang menyebutkan mencari rezeki. Baik sebagai peminta, bantu angkat barang pembeli dan apa saja yang bisa menghasilkan doku (uang-red). ‘’Sengaja datang ke Palembang hanya mencari sesuap nasi,’’ pengakuan mereka.

Bagaimana penertiban yang dilakukan Dinsos, Pol PP? Dan terkesan adem ayem?  Toh para anak-anak ini mengaku, berupaya mencari celah untuk lolos. Dan biasanya kondisi seperti itu, orang tua mereka mencari tahu dari rekan-rekan lain,’’ ujarnya. (*)

laporan : m akip
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment