Palembang Dapat 6.080 Vial Vaksin

Vaksinasi Tahap Kedua, untuk Lansia dan Layanan Publik

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | SEBANYAK 6.080 vial vaksin dialokasikan untuk vaksinasi Covid-19 tahap kedua Kota Palembang.

Dinas Kesehatan Kota Palembang menargetkan vaksin tersebut bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi tahap kedua untuk masyarakat Kota Palembang.

Plt Kadinkes Kota Palembang, dr Fauziah MKes dari total vaksin yang diterima Kota Palembang peruntukkan bagi 60 ribuan sasaran vaksin.

“Satu Vial itu untuk 10 sasaran vaksin, masing-masing 0,5 dosisnya. Jadi 6.080 dikalikan untuk 10 orang sehingga total 60.800 sasaran yang mendapatkan vaksin,” katanya, Selasa (23/2)

Sesuai dengan arahan pemerintah pusat, vaksinasi tahap kedua ini sasarannya lansia dan pelayan publik. Untuk sementara ini yang sudah terdata ada 100 ribu lansia dan 58 ribu pelayan publik termasuk TNI dan Polri. “Sekarang masih pendataan karena data ini sifatnya dinamis,” katanya.

Jumlah vaksin yang akan didapatkan ini memang belum sesuai dengan jumlah sasaran. Pendistribusian vaksin ini akan dilakukan secara bertahap.

Bedanya dengan tahap pertama, vaksin tahap kedua ini jarak masa penyuntikan dosis pertama ke kedua 28 hari. Sedangkan tahap pertama setelah 14 hari baru pemberian dosis kedua.

“Tahap kedua ini juga bisa digunakan untuk lansia 60-69 tahun dan ibu menyusui,” katanya.

Selain itu, untuk lansia ada proses pemeriksaan kesehatan khusus. Selain usia 60-69 tahun, calon penerima vaksin juga ada uji rapuh (apakah lansia itu sering merasa lelah, saat naik 10 tangga bisa atau tidak, berjalan 100-200 meter bisa atau tidak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *