oleh

Pagaralam-Kota Agung Diaspal

Alternatif Jika Liku Endikat dan Lematang Longsor

PAGARALAM, SuaraSumselNews | DALAM upaya mengatasi terjadi tanah longsor di jalur utama Pagaralam-Lahat yakni Liku Endikat dan Lematang Indah, pemerintah membangun jalur alternatif baru dari Simpang Mbacang menuju Kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat.

Jalur dari Pagaralam-Kota Lahat Lahat ini merupakan jalur alternatif kedua setelah Simbang Mbacang menuju Kota Lahat. Jalur ini dinilai sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pagaralam. Pasalnya jika jalur utama Pagaralam-Lahat longsor seperti di Liku Endikat dan Lematang Indah maka kendaraan bisa melewati jalur tersebut.

Dari pantauan, akhir pekan (Sabtu (25/9) saat ini kondisi pembangunan jalan tersebut mulai dilakukan. Bahkan sebagian jalan sudah dilakukan pengaspalan.

BACA JUGA:  DPRD OKU Temui Kemendagri

Warga Pagaralam mengatakan, jika jalan alternatif ini mulai berfungsi nanti dipastikan masyarakat Pagaralam akan sangat terbantu.

“Jalan alternatif ini selain bisa menjadi solusi jalur alternatif jika jalur utama longsor atau putus. Jalur ini juga nantinya akan banyak digunakan karena mempersingkat waktu jika kita hendak ke Lahat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, nantinya jalur ini juga akan banyak dilalui kendaraan pribadi. Karena jalurnya singkat dan tidak banyak tikungan.

“Jalur ini memotong jalur Liku Lematang dan Liku Endikat. Jadi jika melawati jalur ini dua kawadan itu tidak akan dilewati,” katanya.

Suhaili (52) warga Desa Sumber Karya Kecamatan Gumay Ulu mengatakan, jika jalur ini nanti dibuka maka perekonomian dikawasan Kecamatan Gumay Ulu khususnya Desa Sumber Karya akan meningkat.

BACA JUGA:  Paripurna XV DPRD Ogan Ilir, Fraksi DPRD Sampaikan Pandangannya

“Akan banyak orang melintas jadi kami bisa membuat usaha pak. Jadi nantinya kami tidak hanya mengandalkan hasil perkebunan saja namun bisa mendapat penghasilan lain,” harapnya. (tr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait