oleh

Lulusan SMK Mampu Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Pameran Kreativitas dan Inovasi SMK se Sumsel di Palembang

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PAMERAN Kreativitas dan Inovasi siswa SMK se-Sumsel seperti alat tehnologi pertanian, alat teknologi lainnya water priment dan berbagai inovasi. Dan bisa dilihat langsung semua karya siswa SMK fari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel yang diadakan di halaman kantor DPRD Sumatera Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari 16, 17  18 November.

Ketua MKKS SMK Sumatera Selatan Rafly S.Pd M.Pd mengatakan, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) siap bekerja. Bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. “Jika selama ini paradigma masyarakat bahwa penyumbang pengangguran itu salah, katanya, Rabu (17/11).

Menurutnya, pengangguran yang diartikan oleh masyarakat selama ini tidak bekerja di sebuah instansi. Padahal lulusan SMK itu berjiwa entrepreneur. “Jika kita ada data pembanding bisa diantisipasi. Contohnya kegiatan yang kita gelar ini dilakukan oleh SMK. “Sebenarnya tidak menganggur barangkali yang dimaksud tidak bekerja itu seperti pegawai ASN,” tegasnya

BACA JUGA:  Dana Pilkades Serentak Sudah Dapat Dicairkan

Dengan demikian dibuktikan lulusan SMK itu mampu berkreativitas dan berbagai Inovasi yang sulit ditemukan dilulusan sekolah Umum. “Persentase lulusan SMK sebenarnya saya belum memiliki data yang akurat
Akan tetapi lulusan SMK 90 persen terserap di bidang industri maupun perguruan tinggi,”tuturnya

Kata dia, sebagai Ketua MKKS SMK Provinsi Sumatera Selatan, Rafli akan selalu mendorong siswa SMK agar terserap dibidang industri maupun perguruan tinggi. Salah satunya menggelar lomba Karya kKeativitas siswa dan Inovasi seperti hari ini.

Rafly menjelaskan, diantara karya kreativitas siswa SMKN 2 Palembang seperti toilet portabel yang bisa dipindah-pindahkan dan dilengkapi dengan tenaga surya, Sementara SMK Bukit Asam memiliki kompor berbahan bakar oli bekas,l. Kemudian dari SMKN 6 Palembang berbagai pameran dan kreativitas seperti merias tangan dari Henna, karya Roti berbagai bentuk menyerupai hewan Landak dan kelinci. Juga berbagai bentuk yang lucu-lucu dan menampilkan pelayanan hotel Selayak Bintang 5,” pungkasnya. (*)
liputan ;; winarni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait