Lubuk Lancang, Desa Tanggap Covid-19

BANYUASIN, SuaraSumselNews | Bentuk upaya desa meredam penyebaran virus Covid-19 salah satunya dengan membuat Posko jaga desa tangkal Covid -19 dan membentuk relawan desa lawan Covid-19. Seperti yang dilakukan Pemdes Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh dengan membangun dua titik Posko desa tangkal Covid.

Pembangunan Posko desa tangkal Covid-19 serta pembentukan relawan Covid sudah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Kades Lubuk Lancang Rusdi Tamrin menjelaskan bahwa dalam surat Mendes PDTT tersebut mengenai penggunaan dana desa untuk pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan (PKTD). Salah satunya adalah dengan membuat Posko Desa Tangkal Covid -19 dan pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19. “Relawan Desa Lawan Covid-19 diketuai kepala desa dengan wakilnya ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sementara itu, sebagai mitra meliputi Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa,” ungkap Rusdi Tamrin.

“Alhamdulillah dari pencairan Dana Desa (DD) yang delapan persen salah satunya kita pergunakan untuk membangun dua titik Posko desa tangkal covid-19 yang saat ini masih dalam progres pengerjaan. Selain itu kita pergunakan untuk rumah isolasi, sekretariat relawan Covid- 19, termasuk kebutuhan lainnya,” bebernya, Rabu (9/6/2021.

Rusdi mengatakan, tujuan dibangunnya Posko desa tangkal Covid-19, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa Lubuk Lancang dalam ikut andil dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Dari Posko ini nantinya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang masuk ke Desa Lubuk Lancang.

“Posko desa tangkal Covid-19 yang kita bangun ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, agar setiap orang yang akan masuk ke Desa Lubuk Lancang wajib dilakukan penyemprotan dan cuci tangan, hingga dianggap bersih atau steril. Begitu juga dengan petugas yang memeriksa telah dilengkapi dengan APD dan Masker,” pungkasnya.

Selain itu, Tamrin menghimbau kepada masyarakat Desa Lubuk Lancang tetap terhindar dari virus Corona, selalu ikuti anjuran dan himbauan pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Jaga kesehatan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan membiasakan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.(asri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *