oleh

LPPTKA BKPRMI Tingkatkan Kualitas dan Wawasan Guru Mengaji

PRABUMULIH, SuaraSumselNews | Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Quran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI), Wilayah Sumsel, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Mengaji, di Masjid Al Ikhsan Kecamatan Prabumulih Utara, Sabtu (23/10/2021).

Pada kesempatan itu, Ust. H. Zulfikar Ali Fajri, S.Ag, M.Si, Direktur Wilayah (Dirwil) LPPTKA BKPRMI Sumsel mengatakan, melalui Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pembekalan dan wawasan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak / Taman Pendidikan Al-Quran (TK/TPA) BKPRMI di Kota Prabumulih.

Sebab menurut Zulfikar, wawasan dan bekal pengetahuan yang dimiliki para guru mengaji akan sangat menentukan hasil atau out put yang akan diperloleh dari lembaga, dalam hal ini TK/TPA yang dikelola DPD BKPRMI, baik di Prabumulih atau di Sumsel pada umumnya.

Oleh sebab itu, peran guru mengaji di setiap TK/TPA tidak boleh dianggap ringan. Posisi guru mengaji berada di garis paling depan untuk proses pembentukan karakter santri atau generasi muda yang berakhlak mulia.

BACA JUGA:  Ratu Dewa Sebutkan Ada Enam Program Prioritas

“Hal inilah yang menjadi tanggungjawab para guru mengaji, bagaimana sejak awal harus bisa menanamkan kecintaan santri dan generasi muda terhadap Al-Quran,” tegas Zulfikar, yang juga aktif sebagai Penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL) Palembang.

Lebih lanjut Zulfikar mengatakan, Bimtek ini digelar sekaligus untuk mendukung visi Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih untuk mewujudkan kota yang memiliki Prestasi, Religius, Inovatif, Mandiri, Aman (PRIMA). “Oleh sebab itu, dalam melaksanakan Bimtek ini LPPTKA BKPRMI Sumsel di masa mendatang, akan selalu bekerjasama dengan setiap pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel,” tambah Zulfikar.

Zulfikar menambahkan, kegiatan ini baru pertama kali digelar. Namun untuk selanjutnya, Bimtek serupa juga akan dilaksanakan secara berkesinambungan ke seluruh kabupaten dan kota di Sumsel sampai Bulan Desember tahun 2021.

BACA JUGA:  Gubernur Hadiri Pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Sumsel

“Bimtek ini baru pertama kali kita laksanakan. Tetapi, untuk selanjutnya sudah kita agendakan, acara Bimtek seperti ini akan dilaksanakan secara intensif di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel, sampai Bulan Desember akhir tahun ini,” ujarnya.

Pada acara itu, Erwin Firmanza, ST, M.Si, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BKPRMI Kota Prabumulih berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti Bimtek dengan baik dan serius, sehingga Bimtek yang diikuti dapat menambah pengetahuan dan wawasan sebagai ustad/zah di TK/TPA, khususnya di Kota Prabumulih.

Lebih lanjut Erwin mengungkapkan, melalui Bimtek guru mengaji ini harus dijadikan ruang untuk menimba ilmu dan pengalaman, terutama bagi para ustadz/zah, dalam mengelola TK/TPA di setiap unit.

BACA JUGA:  Dinkes Palembang Pastikan Ketersediaan Vaksin Cukup

“Saya berharap, agar Bimtek ini dijadikan ruang dan kesempatan bagi para ustadz dan ustadzah untuk menambah dan menggali ilmu dan informasi, sehingga dapat meningkatkan pengalaman dan wawasan para guru mengaji di Kota Prabumulih,” ujar Erwin Firmanza, ST, M.Si, saat membuka acara ini.

Peserta Bimtek yang berjumlah 84 guru TK/TPA di Kota Prabumulih ini, mendapatkan materi pembelajaran, antara lain; sejarah BKPRMI, Manajemen dan Kurikulum TK/TPA, Metode Iqro’ BCM dan Praktik Mengajar TK/TPA.

Hadir pada acara ini, selain pengurus LPPTKA BKPRMI Kota Prabumulih, para kepala unit TK/TPA Prabumulih, hadir pula perwakilan pengurus Masjid Al Ikhsan Kecamatan Prabumulih Utara, dan warga lainnya.

Ril : DPW BKPRMI Sumsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait