Breaking News Lahat

Pileg Lahat tak Money Politik

Deklarasi Kampanye Damai Parpol

LAHAT, SuaraSumselNews | DEKLARASI kampanye damai Pemilu ‘2019 Kabupaten Lahat, partai politik (parpol) peserta pemilu berlangsung di Halaman Kantor KPUD Kabupaten Lahat, baru-baru ini. Dan diikuti seluruh pimpinan parpol peserta pemilu 2019.

Deklarasi dihadiri, Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH,MM, Kapolres Lahat, AKBP Robi Karya Adi SIK,  Ketua KPUD Kabupaten Lahat, Syamsul Rizal BSc beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Lahat Andra Januarsyah M.Pd.

Berkaca dari Pilkada 2018, sebelumnya berharapkan pada  pemilu 2019 tak lagi ada isu money politik dan berita hoax. Politisasi SARA sehingga tercipta pemilu yang aman tertib dan berintegritas.

Ketua KPU Lahat Samsul Rizal  mengatakan, pemilu 2019 di Kabupaten Lahat akan diikuti 15 partai politik. Diantaranya PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo PPP, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, dan PKPI dengan jumlah daftar calon tetap sebanyak 538 orang.

“Kami hanya mengingatkan dari pengalaman Pilkada sebelumnya, Lahat rawan dengan isu money politik,” ujar Samsul Rizal saat deklarasi.

Syamsurizal, juga sampaikan maksud  dari di selenggarakanya deklarasi kampanye damai pemilu ini, agar pelaksanakan kampanye berjalan secara aman tertib damai dan integaritas.

Bahwa dalam melakasanakan kampanye diharapkan para peserta pemilu dapat mewujudkan pemilu yang berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil. ‘’Dalam pelaksanaanya, untuk  bersama-sama mengawasi pelaksanaan pemilu nanti. Keberhasilan dari pemilu di butuhkan dari dukungan dari berbagai pihak,’’ harapnya, seraya menyebutkan, para parpol peserta pemilu selamat menjalankan kampanye politiknya.

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, SIK  mengatakan, saat ini memasuki tahapan kampanye yang akan dilaksanakan selama 203 hari. Bagi peserta pemilu dan masyarakat sepakat akan menyukseskan pelaksanaan pemilu  pileg dan pilpres secara tertib, aman dan sejuk yang dimulai dari pelaksanaan pemilu sampai rekapitulasi pemilu nanti

“Untuk peserta pemilu timses ataupun lainnya, harus menjaga kondisi Kamtibmas. Jika ada pelanggaran pemilu tak langsung ke Polres ada Gakkumdu yang akan melakukan proses, jika ada pidananya baru masuk ke kita,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lahat Marwan Mansyur, SH, MM menambahkan, dengan niat kebersamaan dalam penyelenggarakan Pileg dan Pilpres melalui sistem pelaksanaannya diharapkan akan berhasil dengan baik.

“Atas nama pemerintah, kita jaga sama-sama situasi dan kondisi Kabupaten Lahat yang Kondusif. Untuk peranan sebagai pimpinan dan pengurus partai politik dapat menjaga situasi dan kondisi yang kondusif. Juga saling menghargai dan menghormati sehingga tercipta pelaksanaan pemilu secara aman, damai, jujur dan adil,” tutupnya. (*)

laporan agung purnomo
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment