oleh

Kantor Disdukcapil Palembang Terbakar, Staf Maupun ASN Berhamburan Keluar

PALEMBANG, SuaraSumselNews | TRRJADI kebakaran menghanguskan gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Rabu (17/11).

Memang mengejutkan, membuat seluruh staf maupun ASN di Disdukcapil Kota Palembang berhamburan lari meninggalkan gedung untuk menyelamatkan diri.Termasuk Kepala Disdukcapil Palembang, Dewi Isnaini yang saat kebakaran terjadi sedang berada di lantai 3 tepatnya di ruang rapat.

Menurutnya kebakaran itu terjadi sekira pukul 16.00 WIB.”Saat itu saya mendengar teriakan. Ibu turun-ibu turun, terus terdengar seperti suara ledakan. Itu yang saya tahu,” ujarnya.

Mendengar suara teriakan bercampur ledakan, Dewi bergegas turun dan berlari keluar gedung. Dia berujar, beberapa staf maupun ASN sempat berusaha memadamkan api dengan menggunakan APAR.

BACA JUGA:  Empat SMKN OKU Mengikuti Ajang Krektivitas se-Sumsel

“Tapi karena kondisi api terus besar, jadi kewalahan. Semua orang langsung lari keluar,” ucapnya. Hingga saat ini belum diketahui pasti dimana sumber api sehingga kebakaran bisa terjadi.

Namun ada dugaan api bersumber dari ruang server yang berada di lantai dua gedung setinggi tiga lantai ini.
“Memang sepertinya dari ruang server. Tapi kita belum bisa memastikan karena ruangan itu berada di sebelah ruangan-ruangan lain,” ungkapnya.

Tidak ada korban luka ataupun jiwa akibat peristiwa kebakaran ini.
Terkait dengan data kependudukan masyarakat, Dewi sendiri belum bisa memastikan hal tersebut.

Apalagi ruang server data juga ikut hangus dilalap si jago merah.
“Data di server itu penting. Tapikan semua data itu terpusat. Biasanya ada data back-up di kita,” tuturnya

BACA JUGA:  Dana Pilkades Serentak Sudah Dapat Dicairkan

“Soal kehilangan data, kami belum bisa menyimpulkan. Tapi karena data itu terserver di pusat, jadi mudah-mudahan tidak ada kehilangan data,” ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, kepulan asap pekat terlihat dari kantor setinggi tiga lantai ini.Nampak petugas pemadam kebakaran terpaksa memecahkan sejumlah kaca untuk memudahkan proses penjinakan api.

Beberapa kali juga terdengar suara ledakan dari gedung yang terbakar ini.
Bahkan ada seorang petugas pemadam kebakaran yang dibantu rekan-rekannya langsung digiring keluar meninggal gedung diduga karena terkena percikan api.

Sementara itu, akibat peristiwa kebakaran ini juga menyebabkan kemacetan panjang di kawasan Jalan Demang Lebar Daun Palembang.
Tepatnya arah menuju atau arah sebaliknya gedung Disdukcapil Kota Palembang.

BACA JUGA:  Bupati Berharap Tahun 2022, Stunting di Lahat Menurun

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih berjibaku memadamkan kebakaran dengan mengerahkan setidaknya enam Unit mobil damkar.
Selain itu belum diketahui penyebab kebakaran termasuk apakah ada korban luka maupun jiwa akibat peristiwa ini.(tr/berbagai sumber)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait