oleh

Gubernur Sumsel Pesimis Kekebalan Komunal Awal Tahun 2022 Tercapai

Terkait Minimnya Pasokan Vaksin

PALEMBANG, SuaraSumselNews | TARGET herd community atau kekebalan komunal di Sumatera Selatan awal 2022 sulit terwujud. Pasokan vaksin yang minim masih menjadi kendala klasik di daerah itu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 baru 30 persen dari total sasaran sebanyak 6,5 juta. Hal ini bukan disebabkan rendahnya partisipasi masyarakat, melainkan terbatasnya vaksin yang diterima dari pemerintah pusat.

“Target herd immunity sebenarnya awal 2022, ada 6,5 juta jiwa yang menjadi sasaran. Tapi vaksin terbatas, sekarang saja baru 30 persen yang sudah divaksin,” ungkap Deru, Rabu (22/9).

Secara perhitungan, vaksin Covid-19 idealnya sebanyak 1,5 juta dosis per bulan. Namun saat ini tak lebih dari 400 ribu dosis per bulan saja yang diterima.

BACA JUGA:  Usai Lebak Cindo, Susul Kawasan Sungai Tawar

“Kami sering kali mengajukan penambahan dosis, tetapi masalahnya harus mengantre dengan daerah lain,” kata dia.

Dengan kondisi ini, Deru menyebut menjaga kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan adalah hal yang sangat penting. Status sebagian besar daerah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, tidak membuat masyarakat lengah.

“Sekolah sudah mulai offline, maka protokol kesehatan harus dijaga. Saya tidak ingin sekolah kembali online jika masih terjadi pelanggaran,” tegasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait