oleh

Bupati Berharap Tahun 2022, Stunting di Lahat Menurun

LAHAT, SuaraSumselNews | BUPATI Lahat,Cik Ujang.SH meresmikan sekalian lounching program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT ) di Kampung KB, Desa Sinjar Bulan Kecamatan Gumay Ulu, Selasa kemarin (16/11).

Pelaksana kegiatan Dinas DALDUK dan KB Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluargga Berencana Kabupaten Lahat, H.Ujang Kurniawan mengatakan, dapur sehat atasi stunting (Dashat) secara Nasional diresmikan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo pada Agustus 2021 di Bogor.

Sementara untuk Sumatera Selatan (Sumsel) adalah Kabupaten Lahat yang pertama fi launching. “Program Dashat merupakan upaya pemenuhan gizi seimbang, yang harus dimiliki calon pengantin (catin), ibu hamil, ibu menyusui dan balita 2-5 tahun, jelasnya

Bupati Lahat, Cik Ujang.SH mengakui, perlu diketahui bahwa pencegahan stunting dengan mengembangkan dapur sehat atasi stunting (Dashat).

BACA JUGA:  Kantor Disdukcapil Palembang Terbakar, Staf Maupun ASN Berhamburan Keluar

“Menjamin ketersediaan akses makanan sehat, bagi ibu hamil, menyusui dan balita. Serta keluarga beresiko stunting. Makanya,
tujuan, mengatasi stunting di daerah, kurang gizi dan kronis di 1000 hari pertama kehidupan,” kata Cik Ujang

Dari pola makan itu sangat penting, dan gizi yang paling tinggi adalah ikan belut dan nila. Kepada Dinas Dalduk, PUPR, Dinkes dan Dinsos harus membantu masyarakat mulai dari kondisi hamil dan gejala ketika melahirkan terlihat stunting.

” Untuk mendukung dan membantu Kabupaten Lahat keluar dari stunting, makanya adanya lounching program dapur sehat atasi stunting (DASHAT).
Dan lagi, stunting di Kabupaten Lahat di Tahun 2022 hsrus menurun.” harapan Bupati Lahat ini.

BACA JUGA:  Dana Pilkades Serentak Sudah Dapat Dicairkan

Kemudian juga usai meresmikan louncing dapur sehat atasi stunting ( DASHAT ), Cik Ujang.SH didampingi Sekda Lahat Chandra.SH MM dan Jajaran OPD terkait meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi di tempat yang sama. (*)
laporan : agung purnomo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait