Bendungan Perjaya Diperbaiki

Akan Rampung Tiga Tahun, dan Diperluas Hingga OKI

MARTAPURA,SuaraSumselNews | BALAI Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWS) akan melakukan penambahan areal 8.500 hektare dan perbaikan pada Bendungan Perjaya di Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Bendungan Perjaya merupakan bendungan yang berfungsi mengatur pengairan irigasi persawahan di kawasan Belitang dan sekitarnya.
Perbaikan Bendungan Perjaya itu diperkirakan membutuhkan waktu selama tiga tahun.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Maryadi Utama mengatakan, pihaknya saat ini telah review desain untuk melakukan rencana perbaikan terhadap kanal, baik secara tersier maupun sekunder.

“Akan dimulai pada tahun 2022 dan target rampungnya di 2025,” kata Maryadi di ruang audiensi bupati dalam agenda pertemuan dengan Bupati OKU Timur, H Lanosin Hamzah, Kamis kemarn (9/9).

Penambahan areal itu juga termasuk hingga di Kabupaten OKI. “Wilayah tersebut sudah dipetakan, areal Kabupaten OKU Timur dengan mencapai 2000 hektar, termasuk nantinya di kabupaten OKI jumlahnya seluas 6500 hektare”, ujar Maryadi.

Sementara itu, Bupati OKU Timur H.Lanosin menyampaikan dukungan rencana pembangunan jaringan tersebut demi memperlancar aliran air ke sawah-sawah masyarakat.

Menurutnya hal itu bertujuan agar tersedianya air yang cukup untuk pertanian di sawah terutama di musim kemarau.

”Nantinya bisa meningkatkan produktivitas komoditi padi sawah, meningkatkan produktivitas lahan pertanian serta membantu pemerintah terutama peningkatan produksi beras secara Nasional,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *