oleh

KA Palembang – Lubuklinggau Kembali Akan Beroperasional

Dijadwalkan Mulai Kamis (24/9)

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PT KERETA Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang akan mengoperasikan kembali rute Palembang – Lubuk Linggau, Kamis (24/9).Operasional dibuka kembali setelah terhenti sejak 1 April 2020 yang lalu.

Kepala Divisi Regional III Palembang, Tamsil Nurhamedi mengatakan, rute kereta api ini beroperasi dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 75, sebagai komitmen terus menyediakan transportasi bagi masyarakat.

“Upaya ini sebagai komitmen PT KAI yang terus menyediakan transportasi bagi masyarakat yang murah, aman, dan hemat waktu peralanan serta tetap aman di masa pandemi COVID-19,” katanya, Senin (21/9).

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menambahkan, para penumpang yang akan melakukan perjalanan wajib mengikuti semua ketentuan protokol kesehatan. Seperti, dalam kondisi sehat, menggunakan masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat.

“Selain itu, calon penumpang menunjukkan surat bebas COVID-19 melalui hasil rapid test atau PCR yang masih berlaku (14 hari), menggunakan baju lengan panjang atau jaket, face shield dan harus jaga jarak,” katanya.

Aida bilang, penumpang akan memiliki tiket mendapatkan face shield dari PT KAI, sedangkan penumpang infant atau anakn di bawah 3 tahun menyediakan sendiri alat pelindung diri.

Untuk memudahkan penumpang, PT KAI dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) juga menyediakan pelayanan rapid test dengan harga terjangkau seharga Rp 85.000 di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Lubuklinggau.

“Kami imbau agar calon penumpang melakukan test rapid maksimal 1 hari sebelum keberangakatan, untuk menghindari penumpukan. Selain itu, datang ke stasiun kereta api lebih awal minimal 60 menit sebelum keberangkatan,” katanya.

Aida membeberkan, tingkat keterisian penumpang akan dibatasi menjadi 70 % dari tiket yang dijual dan penempatan tempat duduk akan diatur berdasarkan system dalam pemesanan tiket serta berlaku jaga jarak.

Para penumpang dapat melakukan pemesanan tiket yang dijual H-7 keberangkatan dan bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra resmi penjualan tiket KAI. Sementara itu untuk penjualan tiket di loket stasiun hanya melayani tiket go show atau dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

“Kami menyediakan fasilitas pendukung di stasiun keberangkatan, yaitu pembatas jarak, tempat cuci tangan, handsanitizer, petugas pengukur suhu tubuh, penyemprotan rutin menggunakan desinfektan di stasiun maupun di kereta dan fasilitas lainnya,” kata Aida. (ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed