oleh

Bawaslu RI Pusat Apreasiasi Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir

Terkait Program Gemar Menjaga Hak Pilih

 

INDRALAYA SuaraSumselNews | BAWASLU Kabupaten Ogan Ilir, pertama di Indonesia melakukan Program Gemar Menjaga Hak Pilih. Dan Bawaslu RI Pusat, memberikan apresiasi terkait hal itu.

Apalagi, sebelumnya, setelah mendapat pengarahan dari Bawaslu RI Pusat, terhadap Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir tentang pelaksanaan program Gemar Menjaga Hak Pilih, dimaksud.

Louncing Program Gemar Menjaga Hak Pilih Bawaslu Ogan Ilir dipusatkan di halaman Pasar Tradisional Indralaya Ogan Ilir, Jum’at 7 Agustus 2020.

Hadir pada louncing program ini, Anggota Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi M. Afifuddin, S.Th.I, M. Si, Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto, Ketua KPUD Ogan Ilir Dra Massuryati.
M.Afifudin Bawaslu RI sangat mengapresiasi program Gemar Menjaga Hak Pilih, dilaksanakan oleh Bawaslu Ogan Ilir, bahkan merupakan yang pertama dari seluruh Bawaslu se Indonesia.

Karena Bawaslu Ogan Ilir yang pertama melaksanakan program ini, maka saya mengkhususkan waktu untuk hadir langsung dari Jakarta sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Bawaslu RI Pusat kepada Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir. Saya berharap ini menjadi contoh bagi Bawaslu lainnya untuk juga melaksanakan program serupa ujar M Afifudin.

Program Gemar Menjaga Hak Pilih Bawaslu adalah dalam kaitan Pilkada serentak tahun 2020 dimana terdapat 270 Kabupaten kota dan provinsi yang melaksanakan pilkada serentak tersebut.

Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar, SH mengatakan, program Gemar Menjaga Hak Pilih, menjadikan peran serta masyarakat Kabupaten Ogan Ilir untuk memanfaatkan hak pilihnya secara baik dan benar. Masyarakat harus pro aktif melakukan cros cek apakah telah benar terdaftar dalam daftar mata pilih, atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) lalu pada saatnya menggunakan hak pilih secara baik dan benar. Karena satu suara sangat berharga guna menentukan masa depan pembangunan untuk kemajuan Kabupaten Ogan Ilir.

Lebih jauh dikatakan D. Iskandar, program Gemar Menjaga Hak Pilih, dititik beratkan untuk proses pemutahiran data pemilih. Sehingga diharapkan tidak lagi terjadi adanya mata pilih yang tidak terdaftar dan tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak di Kabupaten Ogan Ilir tahun 2020.

Program ini juga merupakan bentuk kerja maksimal Bawaslu Ogan Ilir dalam rangka meningkatkan kwalitas kerja dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Terpisah beberapa warga menyambut positif kegiatan program yang dilaksanakan Bawaslu Ogan Ilir. Terlebih lagi telah mendapat apresiasi positif dari Bawaslu RI Pusat. Kita berharap kegiatan ini tidak hanya berupa kegiatan serimonial, tetapi menjadi wujud nyata pengawasan melekat oleh Bawaslu Ogan Ilir. Maksudnya untuk tidak terjadinya politik uang dan intimidasi terhadap masyarakat.

Sehingga hasil Pilkada benar-benar murni dari hati nurani masyarakat.

Kita sudah tidak mau lagi melihat segala bentuk kecurangan Pilkada bahkan terjadi tuntutan hingg ke Mahkamah Agung (MA).

Kita berharap baik petugas KPU, terkait DPT, tidak lagi ada warga yang tidak terdaftar, lalu Bawaslu, kita menginginkan pengawasan yang sesuai aturan. Dan tidak ada pelanggaran. Kemudian peserta pemilu yang taat aturan dan Undang-undang yang berlaku. (“)

laporan : gusti ali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed