oleh

Komisi IV DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Panggil Kanca BRI

Terkait Penyaluran Dana PKH ke Masyarakat

 

INDRALAYA, SuaraSumselNews |
TERKAIT dugaan penyalah gunaan sistim penyaluran dan penerimaan dana PKH masyarakat Ogan Ilir, DPRD Kabupaten Ogan Ilir, melalui Komisi IV, Kamis (16/7) memanggil Kepala Cabang (Kanca) BRI Kayuagung.

Ketua Komisi IV DPRD Ogan Ilir, Rizal Mustapo dalam keterangan persnya mengatakan, pihaknya banyak menerima laporan. Khususnya dari masyarakat penerima dana PKH.
Diantaranya mereka melaporkan tidak menerima kartu ATM sebagai sarana penarikan tunai dana tersebut dari BRI.

Mereka hanya menerima dana tunai dari petugas. Dan tidak mengetahui berapa besaran dana PKH yang seharusnya mereka terima. Terkait adanya dugaan penyalah gunaan sistim penerimaan atau penyerahan dana PKH yang dilaporkan masyarakat, makanya Komisi IV DPRD Ogan Ilir memanggil Kanca BRI Kayuagung sebagai pelaksana penyaluran dana PKH tersebut.

Terungkap pada pertemuan antara Komisi IV DPRD dengan Kanca BRI Kayuagung, Tommy S menjelaskan bahwa pihak BRI telah melaksanakan tugas sesuai mekanisme yang berlaku di perbankan. Bahwa setiap penerima dana PKH datang langsung untuk membuat buku tabungan berikut pasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM Kemudian diserahkan langsung saat itu juga kepada pemilik yang melakukan pembuatan rekening tabungan penerima dana PKH.

Ada dugaan bahwa para penerima dana PKH tidak melakukan penarikan langsung menggunakan ATM . Dan hanya menerima dana tunai. Hal tu diluar tanggung jawab dan kewenangan pihak BRI. Namun meski demikian pihaknya turut melakukan cros cek dilapangan. Bahkan jika nantinya ditemukan dilakukan oleh oknum BRI, makaakan diberikan tindakan tegas, ungkapnya.

Setelah mendengar penjelasan dari pihak Kanca BRI Kayuagung, Komisi IV DPRD Ogsn Ilir dapat memaklumi dan akan melakukan penyelidikan lebih mendalam. Dia berjanji untuk melibatkan pihak yang berwajib, jika ditemukan dugaan penyalah gunaan penerimaan dana PKH yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Pihak BRI tentunya akan menyeret oknum pelaku ke ranah hukum, sesuai tupoksinya, tegas Rizal Mustopa.(*)

laporan : gusti ali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed