oleh

Kondisi Pasien M Membaik

Terkait Dugaan Virus Corona

PALEMBANG, SuaraSumselNews | SEBELUMNYA Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang merawat pasien berinisial (M) asal Prabumulih. Dan diisolasi pasca pulang umrah dengan indikasi suspect corona Selasa (3/3) siang yang diduga terindikasi Virus Corona dengan Diagnosa: Suspect-Mers- Covid-19.

Siang ini dr. Zen Ahmad,Sp.PD,KP dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH saat diwawancarai di RSMH Palembang, Kamis (5/3) menjelaskan, kondisi pasien (M) 64th sampai hari ini ada perbaikan. Kalau hasil lab nya kita masih menunggu tapi walaupun hasilnya yang pertama belum keluar yang kita perkirakan mungkin sore ini atau besok.

Tapi kita sudah mengambil spesimen untuk pemeriksaan lab yang kedua. Sebagaimana kita ketahui bahwa kalau nanti dua kali dia negatif 3 negatif akan sedikit menjelaskan untuk pasien ini. Ini kan baru pulang dari umroh Jadi sebetulnya nggak ada hubungan dengan COVID-19 walaupun sama-sama virus Corona.

Orang ini masuk dengan kita kecurigaan atau suspek adalah karena virus corona virus Mers Cov sama covid -19 yang sama saja gejalanya. Dan dua-duanya disebabkan oleh corona virus.

Pasien ini dirawat, karena menunjukkan gejala gejala ISPA batuk pilek demam atau riwayat demam lebih dari 38 derajat Celsius. Kebetulan memang ada gambaran radang paru, sampel yang diambil yang dikirim ke Jakarta tentu adalah sampel berupa dahak. Tapi kalau untuk pemeriksaan lain itu dilakukan di rumah sakit ini.

Sejauh ini kalau dari hasil yang di labor kita itu lebih menunjang ke arah infeksinya, infeksi bakterial bukan kearah mers covid. Sekarang ini kondisi pasien baik artinya saat ini untuk tuan “M” ini sudah bisa lepas oksigen bisa melakukan aktivitas sendiri  di dalam kamar.

Dan suhu tubuh yang tadinya 38 derajat lebih waktu di bandara, sekarang sudah normal.  Tetapi pasien masih di ruang isolasi sampai terbukti nanti hasil pemeriksaannya negatif.

Lanjut Zen, kita mendapatkan satu rujukan lagi dari rumah sakit Hermina Ibu “F”. Dan kita melakukan pengambilan sampel terhadap pasien F tersebut  pada hari Rabu (4/3), umur lebih kurang 77 tahun warga Palembang, kondisinya sama dengan bapak “M” tadi baru pulang dari umroh lebih kurang 5 hari.

Juga, dia dirawat di Hermina karena menunjukkan gejala infeksi saluran napas dan radiologinya adalah ada gambaran radang paru-paru. Makanya dirujuk ke kita dalam tempat yang sama tapi kamarnya berbeda.

Jadi setiap ada pasien apapun itu walaupun hanya kata kelelahan psikis pada Mers Covid walaupun dia hanya pasien dalam  pengawasan untuk apa covid – 19 semua prosedur. Ya kita langsung lakukan pada hari pertama dia datang untuk pemeriksaan kita lakukan sama dengan pasien pertama. Yakni lebih mengarah ke infeksi bakteri yang sementara ini.

Mungkin hanya radang paru-paru biasa. Karena biasa kan orang umroh pulang capek semua. Tapi oleh karena dia sudah masuk di ruang kita, semua prosedur harus kita lakukan sampai nanti dia terbukti negatif. (*)

laporan : winarni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed