oleh

Serap Investasi Asing Terbesar di Sumsel

Plt Bupati Hadiri Rskornas Investasi

 

MUARAENIM, SuaraSumselNews | PLT BUPATI Muaraenim, H. Juarsah, S.H hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta (20/2).

Acara yang dibuka langsung oleh Presiden RI ini dihadiri oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia dan seluruh kepala daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden RI Jokowi mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk proaktif mendatangkan investasi ke daerah. Dan meminta agar tidak mempersulit investor dengan birokrasi yang berbelit.

Presiden menegaskan bahwa investasi menjadi kunci utama yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Plt. Bupati Muaraenim seusai acara menyampaikan bahwa dirinya sebagai kepala daerah berkomitmen untuk mewujudkan Muaraenim sebagai daerah ramah investasi.

Kabupaten Muaraenim memastikan akan mengawal terwujudnya hal tersebut. Apalagi menurutnya saat ini nilai investasi di Muaraenim sangat baik dengan realisasi nilai investasi mencapai Rp. 9 triliun pada 2019. Atau meningkat 36,4% dibanding pada tahun 2018 yaitu sebesar Rp. 6,6 triliun. Hal ini menjadi tolak ukur upaya yang dilakukan Pemkab. Muararnim dalam mendorong peningkatan investasi daerah.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BKPM RI pada 18 Februari lalu melalui situs daring resminya, memang nilai investasi Kabupaten Muararnim tahun 2019 menunjukkan angka yang mengembirakan. Penanaman modal asing (PMA) menjadi yang tertinggi dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan atau sebesar 421.648 dolar Amerika Serikat. Sedangkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp 336 milyar.

Rakornas bertema “Investasi untuk Indonesia Maju” ini diisi pula dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Hadir mendamping Plt. Bupati Muararnim dalam acara ini, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Penanaman Modal & Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Juga Plt. Kepala Dinas Perumahan & Permukiman (Disperkim) dan Kepala Bagian Protokol & Komunikasi Pimpinan Pemkab. Muaraenim. (*)

laporan ; agung purnomo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed