oleh

Disdukcapil Lakukan Istbat Nikah Terpadu

Khusus di Kabupaten Ogan Ilir

 

INDRALAYA, SuaraSumselNews | DALAM mewujudkan gerakan Indonesia sadar asministrasi kependudukan. Pemkab Ogan Ilir melalui Disdukcapil bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kayuagung dan Kemenag Ogan Ilir melaksanakan Istbat Nikah Terpadu.

Kepala Disdukcapil Ogan Ilir Akhmad Lutfi, SSos MSi, mengatakan, istbat nikah terpadu ini kerja sama dengan instansi terkait. Diantaranya Pengadilan Agama dan Kemenag. Juga mengajak awak media yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir untuk menyebar luaskan kegiatan istbat nikah kepada masyarakat. Baik melalui media cetak, elektronik dan online.

Bahkan tidak tanggung-tanggung kegiatan selama lima hari sejak 3 -8 Nopember 2019 dibuat MOU peliputan dan disebar luaskan kemasyarakat. Kasisdukcapil Ogan Ilir, Akhmad Lutfi menjelaskan, peserta istbat nikah terpadu 2019 sebanyak 535 pasutri di 16 kecamatan. Dan salah satu peserta kini telah mencapai usia 83 tahun.

Peserta akan mendapatkan langsung surat nikah, uang transport, makan siang dan souvenir dari Bupati HM Ilyas Panji Alam.Tahun depan Disdukcapil Ogan Ilir berharap dapat penghargaan top one takait pelayanan Disdukcapil Ogan Ilir.

Terlaksananya istbat nikah adalah setelah melihat banyaknya kendala masyarakat Ogan Ilir yang belum memiliki surat nikah secara administrasi. Dan ide ini disampaikan kepada Bupati HM Ilyas Panji Alam. Dan bupati menyambut baik dan menginstruksikan untuk dilaksanakannya istbat nikah diwilayah Kabupaten Ogan Ilir. Pelaksanaan istbat nikah tahun 2019 adalah untuk yang ketiga sejak tahun 2018 lalu.

Sementara, Kepala Kemenag Ogan Ilir, H Kholil Azmi menyambut baik terlaksananya istbat nikah oleh Pemkab Ogan Ilir melalui Disdukcapil.
Ketua Pengadilan Agama Sumsel, diwakili H Zaini mengapresiasi pelayanan istbat nikah terpadu ini.

Diketahui, Pemkab Ogan Ilir dalam meningkatkan sadar administrasi kependudukan, bahwa surat nikah merupakan pembuktian administrasi sahnya pergaulan sebagai suami istri.

Namun walau demikian diharapakan dalam pelaksanaan istbat nikah ini harus berhati-hati jangan sampai ada penyusupan.

Turut memberikan sambutan, Bupati Bangka Tengah Ibnu Musaleh mengatakan, kedatangan dirinya bersama rombongan adalah dalam rangka studi tiru istbat nikah yang dilaksanakan oleh Pemkab Ogan Ilir. Diharapkan pada gilirannya dapat dilaksanakan di Kabupaten Bangka Tengah.

Oleh karenanya Bupati Bangka Tengah berharap dapat menggali ilmu pelaksanaan istbat nikah di Kabupaten Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam mengatakan, bersyukur bahwa Pemkab Ogan Ilir untuk saat ini adalah pelayanan istbat nikah yang ke tiga, dan gratis. Dan acara pembukaan istbat nikah, Bupati Bangka Tengah dan robongan, Kapolres, Kajari Ogan Ilir, Sekda Ogan Ilir dan segenap undangan.(*)

laporan : gusti ali

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed