oleh

Bentuk Kelompok Usaha Kecil dan Menengah

Fakultas MIPA Unsri Bina Masyarakat

INDRALAYA, SuaraSumselNews |
BARU-BARU ini Fakultas MIPA Unsri laksanakan penerapan teknologi hasil riset dari dosen FMIPA Unsri kepada masyarakat Desa Pulau Semambo. Khusunya melalaui program pengabdian kepada masyarakat dengan tema ‘Pemanfaatan Produk Kelapa dan Getah Karet Menjadi Produk Industri’ yang siap dipasarkan.

Desa Pulau Semambo memang termasuk desa Binaan Fakultas MIPA Unsri. Kegiatan tersebut meliputi,
teknologi pembuatan minyak kelapa murni (VCO). Dan pemanfaatannya untuk pembuatan sabun mandi, baik dalam bentuk padat maupun cair dan dibandingkan terhadap sabun dari minyak kelapa biasa.

Lalu ada pula teknologi pemanfaatan lateks (getah karet) menjadi produk gelang karet, balon dan busa padat.
Kemudian teknologi pemanfaatan ekstrak blimbing untuk diolah menjadi produksi sabun cuci piring.

Masyarakat cukup antusias untuk mempelajari, memahami lalu mempraktekkannya sebagai home industri kecil. Sehingga dapat menambah pendapatan masyarakat. Antusias minat masyarakat cukup tinggi, bahkan terdapat remaja Ummi (24) penduduk setempat turut berpartisipasi dan bekerjasama dengan Alumni Unsri. Diantaranya Akhsan Fahrurozi (29) untuk mendirikan IKM produksi sabun kecantikan di Desa Pulau Semambu.

Dalam acara ini hadir Kades Pulau Semambu Suparmin HS, menyambut positif dilaksanakannya oleh Fakultas MIPA Unsri penerapan teknologi tepat guna ini untuk membuka peluang usaha kecil dan menengah di masyarakat.

Kades Suparmin berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini tapi berlanjut dengan kegiatan pendampingan kepada masyarakat yang tertarik mengembangka usaha ini.

Sementara itu Koordianator pelaksana penerapan teknologi Fakultas MIPA Unsri Drs Zainal Fanani, MSi bersama tim pengabdian Unsri lainnya siap dan berharap bahwa ada sekelompok masyarakat yang menindaklanjuti inovasi ini untuk membentuk kelompok usaha kecil dan menengah.

Bahkan Tim Dosen siap mendampingi baik ketika saat dilaksanak kegiatan produksi maupun saat pengemasa produk bahkan menyangkut perizinan usaha.

Hadir pada kegiatan ini mantan wakil dekan 1 Dr. Suheryanto, M.Si Wakil Dekan 2 Dr. Fauziyah, S.Pi dan Wakil Dekan 3 Dr. Hermansyah, M.Si serta ketua jurusan Biologi Dr. Arum Setiawan, M.Si. Kegiatan pemahaman teknologi juga disaksikan oleh tim dosen antara lain Dr. Miksusanti, M.Si, Drs. Almunady TP, M.Si., Drs. Pradanto, DEA, Dra. Widia Purwaningrum, M.Si. (“)

laporan : gusti ali

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed