oleh

Peran Penting ABUJAPI Bagi BUJP

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) menggelar seminar dengan tema “Manfaat Badan Usaha Jasa Pengamanan” di Gedung Grand Atyasa Convention Center, Senin (7/10/2019).  Seminar ini dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada pengusaha sebagai bekal dalam menjalankan usaha serta pengembangan organisasi untuk pengembangan Satpam.

Seminar dihadiri Kapolda Sumsel diwakili Dir Binmas Kombes Pol Drs. M. Son Ani, Ketua ABUJAPI Pusat, Agoes Dermawan, Ketua BPD Abujapi Sumsel H.Novembriono SE, Dirut PT Global Anita, Plt Kasat Pol PP Sumsel, Aris Saputra dan tamu undangan.

Ketua BPD Abujapi, H. Novembriono SE mengatakan, seminar ini digelar karena inisiatif teman-teman dan dirinya selaku Ketua BPD Abujapi hanya memberikan fasilitas. Sesuai dengan amanat dari AD RT bahwa fungsi daripada BPD Abujapi adalah menjalankan roda organisasi. Tujuannya guna perkembangan satpam keselurahan dan jasa para pengaman.

Ketua BPD Abujapi Sumsel H.Novembriono SE.

Sesuai aturan AD-ART, Abujapi berfungsi menjalankan roda organisasi dalam perkembangan pengguna satpam secara keseluruhan, salah satunya memberikan tambahan ilmu kepengusaha sebagai bekal menjalankan usaha.

“Sejauh ini peran Abujapi sesuai AD-ART melaksanakan edukasi, informasi, sertifikasi termasuk pelatihan pelatihan. Kedepan, akan di perluas terutama seluruh instansi pengguna satpam untuk di kelola agar tersampaikan,” jelas Novembriono.

Sekarang ini, Abujapi telah menaungi sebanyak 120 perusahaan yang tergabung BUJP, terdiri dari 18.000 security tersebar di Sumsel, khusus Kota Palembang ada 9000 securiti.

“Abujapi bertugas sebagai wadah yang berperan penting di BUJP, penyampaian kebijakan dari pemerintah, serta memberikan edukasi menjalankan bisnis BUJP,” jelasnya

Dijelaskan, setiap BUJP harus terdaftar di Abujapi, apabila tidak terdaftar maka izin pengelolaan belum bisa di keluarkan. Karena, keanggotaan itu sebagai syarat izin operasional.

Ia menjelaskan ketika pengguna satpam tidak melalui BUJP. Artinya, perusahaan memakai sendiri jasa satpam tidak melalui BUJP dan ini beresiko.

“Banyak risiko dan contoh seperti beberapa perusahaan yang belum menggaji satpam, karena tidak terkontrol besar dan kecilnya,” urainya.

Novembriono atau sapaan akrabnya Boy ini mengungkapkan, satpam yang tergabung di BUJP harus memiliki sertifikasi. Sebelum mengeluarkan sertifikat kartu anggota satpam biasanya di survei dan mendatangi kantor badan usaha untuk mengecek sekaligus melakukan pembinaan mengenai Jamsostek, Pajak, Keuangan.

“Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Satpam, BUJP memiliki beberapa bidang, salah satunya melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan setiap bulan oleh BUJP dengan bekerjasama pihak Polda Sumsel,” jelas Boy.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) ABUJAPI Agoes Darmawan, mengatakan, ABUPAJI adalah asosiasi terbesar dibawah Mabes Polri yang memiliki badan pengurus pusat di 26 BPD dari seluruh Indonesia, dengan 1200 Jasa Pengamanan.

“ABUJAPI mempunyai kompetensi, di manapun selalu ada. Dengan maraknya industri pengamanan sangat dibutuhkan asosiasi yang dapat mendukung dan menjamin para user,” bebernya.

Menurutnya, semua elemen harus merangkul profesi satpam, jangan melihat profesi Satpam ini dengan sebelah mata dengan jumlah sebanyak 1,6 juta Satpam yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya resiko, memperkuat branding Abujapi.

“Dengan mengembangkan SDM, karakter manusia, mengelola Sumber Daya Keuangan dapat meningkatkan kualitas profesi satpam yang ada, apalagi dengan adanya Ijin diklat, penyedia, dan konsultan,” jelasnya.

Sementara, Direktur Binmas Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Mochamad Son Ani mengatakan, masih ada sebagian instansi khususnya lembaga pemerintahan yang belum menggunakan jasa Satpam dibawah binaan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) sebagai petugas pengamanan.

“Tentunya dampak ini bisa merugikan bagi instansi yang menggunakan jasa Satpam hasil dari perekrutan sendiri, karena jika terjadi kesalahan maka Satpamnya nanti yang akan disalahkan. Untuk itu, dengan penggunaan jasa Satpam ABUJAPI maka evaluasi akan segera dilakukan jika terjadi kesalahan,” urainya. (@s)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed