oleh

Apresiasi Hadirnya Kantin RSMH

TP-PKK Sumsel. Berharap Pengunjung. Merasa Puas

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | “You are what you eat”.Anda adalah apa yang anda makan. Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bukan sekedar istilah belaka, tetapi apa yang anda makan mewakili anda sebenarnya. Efek yang ditimbulkan dari apa yang kita konsumsi mungkin tidak timbul secara langsung, tapi akan dirasakan pada masa yang akan datang.

Berangkat dari hal ini lah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang menyediakan kantin sehat Dewe  bagi para pengunjung yang notabene adalah keluarga pasien RSMH juga bagi para karyawan RSMH. Keberadaan kantin Dewe yang telah beroperasional selama setahun ini, diresmikan langsung Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru didampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, bersama Ketua DWP Kemenkes Lis Untung, Ketua DWP RSMH Fatinah Suraya Syahril, dan Ketua DWP Prov Sumsel Renny Devi Nasrun Umar, ditandai dengan pemotongan pita, Jumat (04/10) pagi di RSMH.

Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru yang juga Penasehat DWP Sumsel menyampaikan apresiasi dan salut dengan tersedianya kantin sehat Dewe. “Ini langkah yang baik dan patut dicontoh. Adanya kantin sehat ini membantu pasien dan juga keluarga pasien saat mereka ingin makan. Begitu juga bagi para karyawan RSMH. Saya lihat kantinnya bagus, bersih, dan nyaman”, kata istri Herman Deru itu.

Mantan Ketua TP PKK Oku Timur dua periode, itu juga berharap kantin sehat Dewe dapat membantu pengunjung atau karyawan dengan makanan yang tepat dan bergizi, tanpa perlu mencari kebutuhan makanan di luar. “Tidak perlu tempat yang mewah, dan mahal, terpenting bersih dan sehat, serta jangan lupa untuk melakukan sosialisasi kebersihan kepada para pedagang dan pengunjung kantin”, ujarnya.

Ketua DWP Kemenkes Lis Untung mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua pihak yang telah berkenan hadir dalam peresmian kantin Dewe RSMH. “Bangga dan terharu dengan Ketua DWP RSMH dan jajaran yang giat bekerja, menyediakan TPA juga kantin sehat. Semoga kantin sehat Dewe nantinya dapat menerapkan program-program yang ada di Kemenkes”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua DWP RSMH Fatinah Suraya Syahril mengatakan hadirnya kantin sehat Dewe tersebut sebagai bentuk kepedulian bagi keluarga pasien dan karyawan RSMH untuk menyediakan makanan sehat, bergizi dengan kondisi tempat yang nyaman dan bersih.

“Sebelum beralih rupa menjadi kantin sehat Dewe, kantin itu telah ada sejak tahun 2016, namun karena tidak memenuhi standar ukuran dari Kemenkes, kantin tersebut kami tutup. Kemudian setelah diperjuangkan  selama setahun akhirnya berhasil memenuhi standar kriteria dari Kemenkes. Mudah-mudahan kantin ini benar-benar memenuhi persyaratan sebagai kantin sehat”, tuturnya.

Tidak hanya menyediakan kantin sehat Dewe, dilanjutkan Fatinah Suraya Syahril, sejumlah kegiatan pun telah dilakukan DWP RSMH, berupa kegiatan sosial mulai dari khitanan massal hingga pengelolaan Tempat Penitipan Anak (TPA) Tunas Husada.

Sebelum peresmian kantin Dewe dilaksanakan, diawali terlebih dahulu dengan sharing bagaimana pengelolaan kantin sehat Kemenkes di hadapan para tamu dan undangan yang hadir. Dalam paparan tersebut, diketahui kantin sehat Kemenkes yang dikelola DWP Kemenkes kini memiliki 28 gerai dengan ruang VIP,  dilengkapi dengan fasilitas dan sarana pendukung berupa toilet, wastafel, P3K , dan alat pemadam kebakaran ringan. (*)

laporan ; winarni

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed