oleh

Desa Limau Meriahkan Tahun Baru Islam 1441 H

Ratusan Warga Adakan Pawai Obor

PANGKALAN BALAI, SuaraSumselNews | MENYAMBUT Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, Warga Desa Limau, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, merayakan malam pergantian tahun baru Islam dengan cara melakukan Sedekah Bumi.

Peringatan Tahun Baru 1441 Hijriah di Desa Limau ini masih kental akan tradisi nenek monyang mereka. Buktinya di malam pergantian tahun baru Islam, mereka memperingatinya masih dengani adat istiadat nenek monyang mereka terdahulu. Maksudnya masih mempertahankan adat tersebut sampai sekarang.

Kepala Desa Limau, M.Dina menerangkan bahwa acara peringatan malam pergantian yahun baru Islam ini di mulai selepas sholat magrib dengan melakukan ratibul hadat di masjid.
Krmudian melakukan kegiatan zikir keliling kampung Yang di ikutiti seluru masyarakat dari anak anak hingga orang dewasa. Degan membawa api obor. Tujuannya memohon keselamatan dan mengusir roh jahat. Utamanya terjadi di kampung halaman kita supaya bersih dan terhindar dari bencana dan marabahaya.” terang nya

Kata .Dina bahwa tradisi ini merupakan turun menurun. Dan perlu di pertahankan, di lestarikan, hingga anak cucu kedepan. Agar tradidj ini jangan sampai hilang akibat perubahan jaman milenial seperti sekarang ini.

“Saya berharap tradisi kita terdahulu agar dapat di pertahankan, biar berlaku sampai anak cucu nanti, ” harap Kepala Desa Limau ini. (*)

laporan : temi jen husni

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed