oleh

Pelajar Lahat Peserta Pertukaran Pelajar Republik Cekoslovakia

Bupati Cik Ujang Hadiri Pelepasan

 

LAHAT, SuaraSumselNews | BUPATI Lahat Cik Ujang.SH didampingi Wakilnya, H. Haryanto. SE MM MBA menghadiri pelepasaan dan pertukaran Pelajar Republik Indonesia dan Pelajar Republik Cekoslovakia yang di Gelar di Ruang Of Room Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lahat, Rabu kemarin (14/8).

Tampak.hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, para Guru dan orang tua pelajar yang terpilih untuk belajar di Republik Cekoslovakia.

Masing-mssing, Sangrela Putri Aisyah asal SMA Negeri 4 Lahat.Sangrela Putri Aisyah anak pertama dari tiga bersaudara akan menceritakan kronologis atas terpilihnya Pelajar Republik Indonesi untuk belajar di Republik Cekoslovakia.

“Pertama kali saya mengenal AFS itu ketika ada dari Bina antarbudaya Palembang ke SMA. Saya pada saat itu bercerita keunggulan tentang study exchange Apa itu study exchange Arab dan berbagai program lainnya pada saat itu saya hanya ikut – ikut saja dan kurang tertarik, ‘ katanya.

Setelah beberapa hari ternyata ada pendaftaran program AFS disana wali kelas saya yang sekaligus dari study exchange Mustofa Tri Yuniarti menyarankan untuk ikut program itu. Dan akhirnya saya pun mencoba dan minta izin kepada kedua orang tua pada awalnya kedua orangtua saya sangat berat untuk menyetujuinya.

Apa lagi saya anak perempuan pertama yang akan pergi jauh. Tapi setelah dijalani akhirnya mereka mengerti apa itu yang sebenarnya. Dan seleksi berkas yang saya pikir itu mudah cuma mengisi biodata diri biodata orang tua biodata sekolah dan hal surat-menyurat,

Tapi sekedar ekspektasi dan kenyataan yang tidak begitu di seleksi tahap 1, seleksi berkas itu diselipkan seleksi tentang pengetahuan umum yang pertanyaannya tidak akan pernah kita temui di manapun kita berada itu. Pasalnya baru dibuat dan itu hanya untuk kita sendiri. Setiap orang akan saya pikir karena itu seleksi berkas melalui online. Saya pikir bisa lewat internet ternyata HP dan laptop saya sinyalnya di diblokir.

Karena saya memang benar-benar mengerjakannya sesuai kemampuan, saya seleksi berkas yang terakhir kami disuruh membuat essay dan saya mendapatkan 2 tema essay dan memilih essay tentang perdamaian. Apalagi saya sendiri aktif bergerak di kemanusiaan.

Bupati Lahat Cik Ujang.SH dalam arahannya menyampaikan, pertama ucapan terima kasih dan atas nama pemerintah dan pribadi sangat bangga ada pelajar asal SMA Negeri 4 Lahat terpilih untuk belajar di Republik Cekoslovakia.

Saya berharap nantinya kepada Sangrela Putri Aisyah untuk benar-benar belajar dengan giat dan semangat. Sehingga nantinya mendapatkan Ilmu yang bermanfaat untuk di terapkan di Kabupaten Lahat,. Dan juga kepada anak kita ini dapat menjaga kesehatan selama belajar di Cekoslovakia.

Cik Ujang.SH menegaskan” dulu Kabupaten Lahat terkenal dengan Kota Pelajar. Juga saya berharap semoga daerah ini kembali menjadi Kota Pelajar, tuturnya

Selamat jalan kepada anak kita Sangrela Putri Aisyah untuk menjalankan belajar di Republik Cekoslovakia, Semoga nantinnya kembali ke Kabupaten Lahat dengan sehat dan banyak mendapatkan Ilmu-ilmu selama belajar di Cekoslovakia.

Dan juga saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik Siswa/ Siswi dengan baik, tanpa Guru kita bukan siapa-siapa.(*)

laporan ; agung purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed