oleh

Sambut Hari Jadi Palembang, Adakan Lomba Bidar Prestasi

Dihadiri Dandim 0418 Palembang

PALEMBANG, SuaraSumselNews | KOMANDAN Kodim 0418/Palembang menghadiri lomba Bidar Prestasi dalam rangkaian Festival Sriwijaya XXVIII 2019. Dan sekaligus menyambut HUT Kota Palembang ke-1336 di perairan Sungai Musi Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Minggu (16/6)

Sebanyak 20 tim peresrta turut memeriahkan Lomba Bidar Prestasi dengan memacu perahunya di Sungai Musi Palembang. Kegiatan ini sebagai bentuk promosi Wonderful Indonesia yang menjadi salah satu bagian event nasional.

Lomba bidar tradisional ini, hanya satu-satunya di Indonesia yang sampai saat ini masih lestari. Event ini juga diadakan sebagai bentuk untuk melestarikan kebudayaan asli masyarakat Sumsel dan meningkatkan pariwisata Kota Palembang.

Tradisi lomba Perahu Bidar sudah sejak lama di gelar, biasanya sebuah perahu bidar yang digunakan untuk lomba memiliki panjang sekitar 26 m (dari haluan ke buritan), lebar 1,37 m (bagian yang terlebar), dan tinggi sekitar 0,70 m (bagian yang paling dalam).

Walikota Palembang H. Harnojoyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya Lomba Bidar Prestasi ini,

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dan harus terus dilestarikan dan ini adalah ciri khas Palembang. Dan bukan hanya untuk menyambut hari Kemerdekan Indonesia saja pada tangaal 17 Agustus 1945”, ungkap Harnojoyo.

Yang membedakan Bidar Tradisional (Perahu Hias) dengan Bidar Prestasi, lanjut Harnojoyo, “adalah salah satunya bentuk perahu. Kalau perahu Bidar Tradisional (Perahu Hias) ukurannya besar dan bisa muatan 50-60 orang sedangkan perahu Bidar Prestasi ukuran perahu lebih kecil dengan daya tampung hanya 20-30 orang saja,” jelasnya.

Sementara, menurut Ketua PHRI Sumsel yang menjadi Staf Ahli Pariwisata Kota Palembang Herlan Asfiudin, setiap tahun Palembang mengadakan tiga kegiatan terkait Bidar, yaitu lomba Bidar Prestasi untuk merayakan ulang tahun Kota Palembang, Bidar Hias untuk merayakan hari Kemerdekaan RI, dan Bidar Mini untuk kegiatan pariwisata.

“Tahun ini ada 20 tim Bidar mengikuti lomba Bidar Prestasi, yaitu Bidar dari Pentahelix Pariwisata Palembang, Bidar dari Perusahaan, dan Bidar dari Instansi Pemerintah”, jelas Herlan.

Para Juara Lomba Bidar Prestasi masing-masing mendapat Tropi dan uang pembinaan sebesar 12 juta untuk juara I, 10 juta juara II, 8 juta juara III dan 6 juta rupiah juara IV, Sedangkan juaranya adalah Juara I Tim dari Agung Raya Kota Palembang, juara II Tim Dishub B Kota Palembang, juara III Tim Dispora B Kota Palembang dan juara IV Tim dari Disdik Kota Palembang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Palembang H. Harnojoyo, Kabekang II/Sriwijaya, Kapolresta Palembang, Dandim 0418/Palembang, Danlanal Palembang diwakili Pasiops Mayor (P) Dono Istianto, Dandenpom II/4 Palembang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang dan usur FKPD Kota Palembang. (*)

laporan : winarni

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed