oleh

Jawab Tantangan Zaman, Ini yang Dilakukan STISIPOL Candradimuka

Terobosan Baru Prodi Magister Komunikasi (S2) Ilmu Komunikasi


PALEMBANG, SuaraSumselNews
| Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang melakukan terobosan baru dengan membuka Program Studi (Prodi) Magister Komunikasi (S2) Ilmu Komunikasi, dengan konsentrasi Komunikasi Politik dan Corporate & Marketing Communication.

Menginjak usia 52 tahun, Stisipol Candradimuka berkomitmen untuk senantiasa beradaptasi dan menghadapi tantangan serta perubahan yang ada, terutama terkait perkembangan industri komunikasi.

Ketua Stipol Candradimuka, Dr Hj Lishapsari Prihatini, Msi mengatakan Stisipol Candradimuka telah memperoleh izin untuk penyelenggaraan program Pascasarjana Magister Ilmu komunikasi dari Kemenristekdikti. “Secara resmi telah di terima melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II,” jelasnya saat menggelar Konferensi Pers, di Stisipol Candradimuka Palembang, Sabtu (24/03).

Menurutnya penyerahan SK tersebut akan dilaksanakan di Novotel Bandar Lampung  25 Maret 2019 mendatang. Adanya Magister ilmu Komunikasi ini menambah jumlah program studi yang telah ada sebelumnya, yaitu S1 ilmu Komunikasi, Ilmu Kesejahteraan, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Negara, dan S2 Magister Administrasi Publik. “Keberadaan Magister ilmu Komunikasi Stisipol menjadi satu solusi bagi para lulusan ilmu komunikasi yang profesional dan pekerja di bidang komunikasi untuk berkeinginan melanjutkan pendidikan ke level lebih tinggi,” terangnya.

Dalam program studi tersebut, mahasiswa akan menghabiskan waktu perkuliahan selama 2 tahun/4 semester. Mereka akan mendapat 38 SKS selama 2 tahun itu, dengan dibimbing oleh 12 Dosen Pengajar plus 8 Dosen Luar Biasa dari berbagai kampus ternama seperti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Padjajaran, Universitas Gajah Mada, Universitas Sriwijaya dan Universitas Mercu Buana.

“Butuh waktu 3 tahun untuk memperjuangkan Prodi baru tersebut. Barulah pada 8 Februari 2019, Surat Keputusan (SK) Pendirian Prodi Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang ditandatangani oleh LLDIKTI, Ini adalah anugerah luar biasa. Patut diketahui, mendirikan Prodi baru ini tidak gampang. Banyak proses yang harus ditempuh, dan kendala yang ditemui,” jelasnya.

Ia menambahkan, sangat optimis ditambah fasilitas sudah layak untuk membuat S2 Komunikasi. Serta tenaga dosen yang bergelar Doktor. “Kita yakin mereka memiliki pilihan yang tepat untuk menimba ilmu di sini,” bebernya.

Pihaknya menargetkan penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Ilmu Komunikasi sebanyak 120 orang, mengingat perbandingan antara 1 dosen untuk 35 mahasiswa.

“Jadi mungkin realnya 120. Tapi tidak menutup kemungkinan akan bertambah banyak, seiring bertambah pula jumlah dosen kita,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang, Budi Santoso, M.Comn mengatakan prospek lulusan Ilmu Komunikasi ini masih terbuka lebar di masyarakat. Mulai dari menjadi akademisi, praktisi hingga profesional.

“Pertama bisa jadi Dosen, Peneliti, kemudian Lembaga Pemberitaan terutama di bidang Kehumasannya, dan di perusahaan-perusahaan yang ada Public Communicationnya dan Internal Communication,” jelasnya.

Bagi yang ingin mendaftar S2 Ilmu Komunikasi, syaratnya Foto Copy Ijazah S1/D4 dan transkrip nilai yang telah dilegalisir 2 lembar, beserta pas foto formal berwarna ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar.

Waktu pendaftarannya Senin sampai Sabtu, pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 17.30 di Kantor Administrasi Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Gedung A STISIPOL Candradimuka, Jalan Swadaya Sekip Ujung Palembang, 30128. Ada tes tertulis dan wawancara, pada tanggal 3 Agustus (Gelombang I) yang diumumkan pada tanggal 15 Agustus, serta diharuskan membayar sekaligus registrasi ulang di 16 – 20 Agustus.

Sedangkan di Gelombang II, Calon Mahasiswa harus mengikuti tes tertulis pada 11 Januari 2020, diumumkan pada tanggal 23 Januari dan diharuskan melakukan pembayaran serta Registrasi Ulang pada 24 – 28 Januari 2019.

Selain itu bagi masyarakat yang berminat, mulai dari Jurnalis, pelaku media hingga umum untuk mendaftar akan ada dapat potongan menarik bagi mereka yang mendaftar nantinya.

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed