by

Kesbangpol: Kondisi di Muba Sangat Kondusif

SEKAYU, SuaraSumselNews | Kesbangpol Musi Banyuasin (Muba) menilai kondisi dinamika sosial politik di Muba sangat kondusif. Menjelang perhelatan pemilu legislatif dan pemilu presiden 17 April 2019, di Muba sangat kondusif dan dapat dikatakan tidak ada gejolak.

Hal itu disampaikan oleh kepala Kesbangpol Muba Soleh Naim dalam wawancara, Sabtu (12/1).

Soleh menyangkal jika dikatakan Muba termasuk area zona merah dalam konteks kondisi sosial politik. Di beberapa media juga ada berita yang mengatakan, Muba masuk zona merah.

Sepanjang yang Kesbangpol Muba ketahui dari pemetaan selama ini, Muba sangat kondusif. Dari beberapa pemilu dan pilkada 2018, tidak ada gejolak. Soleh juga menyebut data dari Bawaslu , Muba salah satu daerah yang tidak termasuk zona merah. Hasil koordinasi dengan stakeholder juga menunjukkan kondisi Muba sangat kondusif .

Soleh memaparkan dari koordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan Polda Sumsel beberapa waktu lalu, Kabupaten Musi Banyuasin belum masuk dalam kategori kerawanan Pilkada maupun Pemilu 2019.

Namun demikian, kita semua elemen diharapkan tetap waspada karena kerawanan atau konflik jelang Pemilu bisa saja terjadi secara tiba- tiba, dikarenakan potensi persoalan- persoalan antara lain disebabkan
gesekan Antar Umat Agama, pergerakan Timses, persoalan ekonomi, infrastruktur.

Terkait dengan hal di atas maka perlu dilakukan upaya secara terus menerus untuk melakukan deteksi dini terhadap perkembangan yang terjadi. (Rilis)

Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed