by

PPDB SMA Plus 17 Transparansi dan Objektif

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Plus negeri 17 Palembang tahun pelajaran 2019-2020 ada dua jalur yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-19 Januari 2019 dilakukan secara online. PPDB terdiri dari jalur PMPA dan Jalur Tes Mandiri, sedangkan untuk jalu PMPA diperuntukan bagi sekolah yang diundang khusus dan memenuhi syarat.

Kepala sekolah SMA plus negeri 17 Palembang, DR Parmin SPd MM memastikan, Penerimaan Peserta Didik Baru SMA plus 17 memastikan secara tranparansi, non diskriminasi dan, objektif.

“Kami memastikan proses penerimaan PPDB dilakukan secara tranparansi, non diskriminasi dan objektif,” jelasnya dihadapan sejumlah awak media di SMA Plus Negeri 17 Palembang, Selasa (1/8) sore didampingi, Dra Hj Ria Wilastri, MM, Wakahumas, Efrin Sofyan SPd M.Si, wakil Kesiswaan dan Ketua PPDB dan Ridwan S.Pd, MM sebagai Waka Sarana dan Prasarana.

Parmin menjelaskan, mengingat daya tampung asrama tidak memadai dan penerimaan kali ini disesuaikan dengan daya tampung asrama, jadi saat ini SMA 17 hanya menerima 360 siswa baik laki-laki dan perempuan. “Kita tidak ingin anak-anak kita di asrama berdesak-desakan,” bebernya.

Ia menambahkan, penerimaan siswa tahun ini tidak terlalu jauh berbeda dari tahun sebelumnya, tahun sebelumnya SMA 17 menerima siswa didik baru sebanyak 11 kelas, begitupun tahun ini.
“Alhamdulliah sekolah kita ini masih diberikan kesempatan untuk mencari anak-anak yang memang berkualitas terbaik,” ungkapnya.

Selain itui demi menjaga transfarasi dalam penerimaan PPDB kali ini, pihak sekolah melibatkan beberapa lembaga seperti kepolisian, Ombudsman dan lainnya dan ini secara terbuka dalam pengawasan PPDB tahun 2019.

“Silahkan media juga melakukan pengawasan secara langsung sehingga memang proses ini dilakukan secara terbuka untuk umum,” katanya.

Diprediksi calon peserta didik yang akan mendaftar kurang lebih 800 orang, seleksi nantinya akan ditempatkan di 4 ruang laboratorium yang nyaman dengan kapasitas komputer per ruangan sebanyak 35 unit.

“Tes ini dibuka untuk umum terutama yang berprestasi serta dilakukan secara transparan. Orang tua peserta bisa tahu hasil tes tersebut,” bebernya.

Parmin menjelaskan, terkait soal TPA, untuk peminatan IPA terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 25 soal , Bahasa Inggris 25 soal , Matematika 25 soal, Fisika 10 soal , Biologi 10 soal dan Kimia sebanyak 5 soal .
Sedangkan untuk Peminatan IPS , pelajaran Bahasa Indonesia 25 soal , Bahasa Inggris 25 soal, Matematika 25 soal, Ekonomi 8 soal, Geografi 8 soal dan Sejarah 8 soal.

“Penilaiannya nanti akan ditambahkan dengan nilai rapor dan ditambah hasil TPA dengan persentase 40 % dan 60 %,” jelasnya.

Sementara, Ketua PPDB SMA Plus Negeri 17 Palembang, H. Efrin Sofyan, S. Pd, M.Si mengatakan untuk jalur PMPA diperuntukkan untuk Sekolah yang diundang khusus dan bisa memenuhi persyaratan. Sedangkan bagi Jalur tes Mandiri dilaksanakan melalui website www.sman 17 plg.sch.id.

“Nanti bisa dilihat langsung ke website kita , berkas apa saja yang akan disiapkan setelah mencetak bukti formulir dan nanti akan diverifikasi,” jelasnya.

Apabila memenuhi syarat, calon peserta akan menerima print out bukti hasil verifikasi dan Nomor Tes Potensi Akademik (TPA). (as)

Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed