oleh

Buat KIA dari Kantor Camat

Layanan Mulai 7 Januari

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PERMOHONAN pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA)  dimulai 7 Januari 2019.  Tempat pelayanan dan permohonan KIA di Kantor Camat dan penerbitannya di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Kota Palembang.

Camat Ilir Barat (IB)  1 Asnawi mengatakan,  pembuatan KIA ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal tersebut ditindaklanjuti dengan surat edaran Sekda Kota Palembang No. 471.I/002593/Dukcapil/2018 perihal Penerbitan KIA yang ditujukan kepada seluruh Camat sekota Palembang. “Tanggal 7 Januari 2019 ini kita sudah melayani permohonan pembuatan KIA,” ujarnya.

Asnawi menjelaskan,  prosesnya pengajuan permohonan KIA adalah dengan membawa berkas foto Copy KK, foto Copy Akte  Kelahiran Anak, foto Copy EKTP Suami dan Isteri dan foto Anak 2×3  sebanyak 2 lembar. “Pengajuan berkasnya disini. Namun prosesnya di Dukcapil. Proses pembuatannya 14 hari.  Dalam penerbitan Kartu Identitas Anak Gratis,” katanya.

Kata Asnawi,  manfaat KIA antara lain sebagai bentuk pemenuhan hak anak, untuk persyaratan mendaftar sekolah. Kemudian untuk keperluan lain yang membutuhkan bukti diri si anak contohnya untuk data identitas membuka tabungan dibank, untuk mendaftar BPJS, dan proses identifikasi jenasah dengan korban anak-anak dan juga untuk mengurus klaim santunan kematian. Selanjutnya,  pembuatan dokumen keimigrasian.

“Masa berlaku KIA bagi anak usia kurang dari 5 tahun adalah sampai anak usia 5 tahun. Bagi anak usia diatas 5 tahun adalah sampai anak berusia 17 tahun kurang 1 hari,” pungkasnya. (*)

laporan : winarni

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed