oleh

Waw! Pusri Kembali Raih Proper Hijau Tahun 2018

Delapan Tahun Berturut-Turut Raih Penghargaan

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Genap Usia 59 Tahun, PT Pusri Palembang terus menoreh keberhasilan. Untuk tahun 2018 sendiri, Pusri telah mengukir prestasi di berbagai bidang diantaranya predikat excellence pada sertifikasi IFA Protect & Sustain dari International Fertilizer Association, Runner up Asean Risk Award kategori Risk Innovation, Penghargaan Trusted Company dalam ajang The Most Trusted Companies Awards 2018, Penghargaan Industri Hijau Level 5 dari Kementerian Perindustrian, SNI Awards 2018 dengan predikat gold, Indonesian Green awards dari La Tofi School of CSR, Penghargaan 3 kategori Platinum dan 5 kategori gold pada Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional ke-22, penghargaan dalam penyediaan sarana dan prasarana olahraga serta infrastruktur pendukung lainnya dalam penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 dari Wakil Presiden RI, dan berbagai penghargaan lainnya.

Kali ini PT Pupuk Sriwidjaja Palembang kembali diganjar penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dengan peringkat hijau. Ini merupakan Proper Hijau kedelapan yang diterima berturut-turut sejak Tahun 2011. Diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar kepada Filius Yuliandi, Direktur Produksi PT Pusri Palembang, bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (27/12) pada acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Lingkungan PROPER.

Siti Nurbaya menyampaikan, bahwa pengelolaan lingkungan hidup merupakan salah satu program yang menjadi prioritas Pemerintah. Program ini merupakan apresiasi terhadap perusahaan yang melakukan pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pengendalian kerusakan ekosistem dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sampaikan terima kasih pada perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup & pengembangan masyarakat dengan baik. Suatu kebanggaan buat kami bagi yang telah berhasil mencapai PROPER Hijau dan Emas karena ini membuktikan kedisiplinan di bidang lingkungan hidup semakin meningkat,” ungkapnya.

Proper merupakan salah satu program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam upaya untuk menstimulasi penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Program ini dikembangkan sejak Tahun 2002 dengan tujuan untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan.

Kriteria penilaian PROPER adalah DRKPL (Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan) dan Dokumen Hijau. DRKPL adalah Dokumen Ringkasan yang memetakan aliran informasi material, energi, air dan lainnya sehingga informasi tersebut menjadi etalase kinerja pengelolaan lingkungan, komitmen perusahaan dan ekspresi pencapaian Beyond compliance.

Dokumen Hijau terdiri dari 8 kriteria penilaian: Sistem Manajemen Lingkungan, efisiensi Energi, pengurangan Pencemaran Udara, pengurangan & Pemanfaatan Limbah B3, 3R Limbah Non B3, efisiensi Air dan Penurunan Beban Pencemar Air, keanekaragaman hayati dan community development. Kriteria tersebut berisi Kebijakan, Struktur dan tanggung jawab, Perencanaan, Pelatihan, Pelaporan, Benchmarking dan Implementasi.

Penghargaan PROPER Hijau ini merupakan wujud komitmen PT Pusri Palembang dalam menjaga kelestarian lingkungan di pabrik maupun yang berada di sekitar pabrik. Keberhasilan ini menunjukan bahwa  komitmen perusahaan yang sudah menjalankan kegiatan bisnis telah sesuai dengan peraturan pemerintah dalam hal menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Dalam pengelolaan lingkungan, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang tidak hanya mengikuti aturan baku yang ditetapkan, tetapi telah melakukan praktik terbaik, menyeluruh dan berkelanjutan. Kunci pencapaian ini adalah konsistensi perhatian terhadap lingkungan dan hubungan masyarakat melalui inovasi dan perubahan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Upaya berkelanjutan PT Pusri Palembang difokuskan pada bidang lingkungan, konservasi dan efisiensi energi dan air serta partisipasi aktif dalam hubungan masyarakat.

Konsistensi raihan ini merupakan hasil dari komitmen, koordinasi dan kerjasama yang  terpadu di seluruh stakeholder PT Pusri Palembang yang memprioritaskan penaatan semua aspek pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan.

Beragamnya program CSR yang telah diimplementasikan secara konsisten turut mendukung tercapainya prestasi ini. Salah satu program unggulan CSR Pusri Palembang berupa Kampung Holtikultura, Budidaya serumpun bambu sejuta berkah untuk mengurangi erosi DAS, pengadaan air bersih di Muara Telang dan Pulau Kemarau, dan lain sebagainya. Pendampingan ini juga disinergikan dengan kegiatan Yayasan Yazri yaitu organisasi amil zakat karyawan Pusri yang telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari berbagai lembaga tingkat nasional lainnya. (as)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed