oleh

Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Gelar Sosialisasi

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Sebagai upaya meningkatkan partisipatif dalam pengawasan Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang gelar acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Stakeholder Pada Pemilu 2019 di Hotel Horison Ultima Palembang, Selasa (24/12/2018).

Hal ini diungkapkan oleh M Taufik SE MSi Ketua Bawaslu Kota Palembang. “Tujuan mengajak kita semua (stakeholder) untuk terlibat aktif dalam rangka mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada 17 April mendatang,” ujarnya.

“Berharap pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang akan berjalan tanpa adanya konflik dan pelaksanaannya bisa berjalan sukses layaknya Pilkada serentak 2018 kemarin, khususnya di Kota Palembang,” tambahnya.

Dalam acara sosialisasi ini, Eko Kusnadi SSos MSi Anggota Bawaslu Kota Palembang Koordiv Penanganan Pelanggaran yang menjadi salah satu Narasumber menjelaskan tentang pentingnya penekanan integritas dan independensi dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Disampaikannya lagi, beberapa isu krusial yang tertuang dalam UU 7/2017 diantaranya Penyelenggara (status, kelembagaan dan kewenangan), Syarat kepesertaan Pemilu Anggota DPR DPD dan DPRD, Syarat pencalonan Presiden dan Wapres, Pendaftaran Pemilih, Kampanye dan Dana Kampanye, Penentuan Perolehan Kursi, serta Penentuan Calon Terpilih.

“Peran stakeholder dalam pengawasan Pemilu diantaranya Memberi informasi awal, Mencegah Pelanggaran, Mengawasi/Memantau, serta Melaporkan,” lanjut Eko.

Sementara itu, Samsul Alwi SSosi MSi Anggota Bawaslu Provinsi Sumsel menambahkan pentingnya konsolidasi rakyat dalam membangun serta meningkatkan partisipatif. Oleh karena itu, Bawaslu mengajak komponen serta elemen masyarakat bersama-sama dalam mengawasi jalannya Pemilu 2019 mendatang.

Dandim 0418/Palembang Letkol. Inf Honi Havana menegaskan netralitas TNI dalam Pemilu 2019 mendatang.

Hal itu disampaikannya dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif bersama stakeholder pada Pemilu 2019, di Ballroom Hotel Horison Ultima Palembang, Senin, 24 Desember 2018.

“Kami (anggota TNI) pastikan akan netral seratus persen,” ucapnya saat menyampaikan sambutan.

Selain itu, Letkol Inf. Honi mengingatkan agar seluruh masyarakat agar mampu mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

“Kita harus menyambut Pemilu ini dengan penuh sukacita dan semangat. Karena sejatinya Pemilu ajang memilih pemimpin dan wakil rakyat untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dan bangsa Indonesia. Untuk itu, jangan sampai karena Pemilu kita ribut yang menyebabkan konflik, dan terpecah belah,” pungkasnya.

Acara sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Palembang M. Taufik, dihadiri seluruh anggota Komisioner Bawaslu Kota Palembang, Panwascam, Organisasi Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemahasiswaan, dan Media.

Liputan : Winarni/As

Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed