oleh

Antisipasi Cepatnya Perubahan

Peringatan Hari Bela Negara di Palembang

PALEMBNG, SuaraSumselNews |PERINGATAN hari bela negara ke-70, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengajak seluruh eleman masyarakat Palembang mengambil peran membala negara.

Maksudnya demi mewujudkan kota yang kodusif, khususnya menghadapi pesta demokrasi di tahun 2019.

Dalam peringatan tersebut, ada nuansa yang berbeda dimana sebagian peserta upacara mengenakan baju adat khas Kota Palembang menambah khikmat kegiatan pagi itu.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang disampaikan Fitrianti Agustinda Wakil Walikota Palembang, bahwa diera digital ini banyaknya sekali pemenuan di era robotik yang digunakan.

Sebagai contoh banyaknya tantangan yang melintas batas ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan nasional, bangsa lain telah semakin jauh memasuki era robotik.

“Alhamdulillah, tahun ini negara kita sudah memulai langkah dengan merampungkan RoadMap Industri 4.0. Saya tegaskan bahwa RoadMap ini bukan untuk gagah-gagahan. RoadMap ini pun dapat dianggap sebagai manifestasi Bela Negara,” jelasnya.

RoadMap ini mengakselerasi kesiapan rakyat menghadapi era robotik. Era dimana ratusan ribu jenis pekerjaan manual akan digantikan oleh teknologi-teknologi disruptif.

“Oleh karena itu, wujud Bela Negara di tengah teknologi disruptif bukanlah larut dalam disruption dan tenggelam dalam teknologi disruptif. Justru bangsa kita harus sekuat tenaga mempertahankan makna pembangunan berkelanjutan baik dalam konteks sosial maupun alamiah.

Dalam konteks sosial, kemampuan generasi milenial mengantisipasi kecepatan perubahan dunia. Dan tidak boleh terlepas dari pondasi budaya, kearifan lokal, serta Nilai-Nilai Luhur Bangsa.

Dalam konteks alamiah, penghargaan bangsa kita terhadap kelestarian lingkungan adalah wujud Bela Negara yang sangat penting,”jelasnya Rabu (19/12).

Ditambahkan, kepada semua unsur masyarakat, TNI dan Polri untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan pemilihan legislatif dan Presiden ditahun depan.

“Saya harapkan mari kita bahu-membahu dalam menjaga NKRI ini. Fengan kita bersatu maka negara ini akan kuat untuk menepis semua pengaruh-pengaruh yang masuk dari luar,” tutupnya. (*)

laporan : winarni

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed