by

Bappeda-Litbang Uji Publik Penyusunan KLHS

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Pemerintah Kota Palembang melalui Bappeda dan Litbang gelar Uji Publik I (pertama) Penyusunan KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tahun 2018-2023 bertempat di hotel Aryaduta, Senin (03/12).

Kepala Bapeda Kota Palembang, Harry, saat ini sedang berproses dalam penyusunan dan dirinya optimis dalam penyusunannya RPJMD ini bisa berjalan dengan lancar sesuai visi-misi Palembang Emas Darusalam.

“Ini merupakan amanat UU No.32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta sebagai upaya untuk memperkuat substansi perencanaan daerah sehingga lebih terarah, tepat sasaran dan selaras dengan pembangunan nasional,” katanya.

Ditempat yang sama, Plh Sekda Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan tujuan utama pelaksanaan KLHS adalah memastikan bahwa kebijakan rencana dan program selaras dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan

“Ya ini berkaitan dengan penyusunan RPJMD dalam Permendagri No.86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD dan rencana kerja perangkat daerah, mengamanatkan bahwa pemerintah daerah menyusun KLHS RPJMD dalam rangka mewujudkan RPJMD sesuai prinsip-prinsip berkelanjutan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, RPJMD Kota Palembang tahun 2018-2023 wajib dilengkapi dengan analisis lingkungan hidup atau KLHS yang mengacu pada Permendagri No. 7 Tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanaan KLHS dalam penyusunan RPJMD.

Dilanjutkannya, penyusunan KLHS RPJMD Kota Palembang dilaksanakan untuk memastikan bahwa isu strategis permasalahan dan sasaran strategis tujuan pembangunan berkelanjutan menjadi acuan dalam penyusunan RPJPD, RPJMD Kota Palembang.

“Selain itu juga banyaknya penghargaan yang diperoleh Pemkot Palembang merupakan hasil kerja keras dari seluruh teman-teman Organisasi Perangkat Daerah,” tutupnya.

Liputan : Winarni

Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed