oleh

Perjuangkan Hak Rakyat

Danu, Caleg NasDem DPRD Kota Palembang

PALEMBANG, SuaraSumselNews | BERAWAL dari sebagai pengusaha perkebunan sawit,  M Danu Mirwando SH berkeinginan berkecimpung di dunia politik. Maksudnya, hingga menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang.

Keinginan Danu untuk menjadi anggota DPRD, tak lain keinginannya agar bisa memperjuangkan hak-hak rakyat. Kalau menjadi pengusaha, hanya bisa menonton dan tak bisa berbuat, apalagi memperjuangkan hak masyarakat.

Keinginan Danu untuk duduk di DPRD akhirnya terwujud pada pemilihan Legislatif pada 2014 lalu dengan perahu Partai Nasional Demokrat (NasDem). Danu bisa menyampaikan inspirasi dan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

“Alhamdulillah selama menjadi anggota DPRD, saya bisa berbuat untuk rakyat. Kami bisa membangun jalan yang rusak, memperjuangkan air bersih untuk masyarakat bahkan memberi lampu jalan sehingga tidak ada lagi daerah yang menjadi gelap,” ungkapnya.

Saat ditemui di kantor Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kota Palembang, Selasa kemarin (16/10). Sebagai Anggota DPRD Danu mengungkapkan, rasa prihatinnya masalah penghasilan masyarakat. Karena Kota Palembang tidak memiliki tambang dan perkebunan. Sehingga yang bisa menjadi sumber kehidupan adalah jasa.

Makanya untuk kedepan, Pemerintah Kota Palembang sudah menyiapkan Program Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) untuk menunjang perekonomian masyarakat. ‘’Ini semua harus dijawab dengan kerja keras,’’ tuturnya.

“Adanya program UMKM akan menunjang penghasilan masyarakat. Namun modal usaha UMKM, seharusnya diberikan pada masyarakat yang belum memiliki usaha, dan jangan yang sudah punya usaha,’’ harapnya.

Modal usaha harus diberikan pada orang-orang yang benar benar ingin memiliki usaha. Jangan sampai karena ada kedekatan, sehingga bisa menerima pinjaman dana UMKM tersebut. Program UMKM ini tanpa bunga, namun perlu diawasi. Apakah dana itu diberikan tepat sasaran atau tidak? Karena itu perlu kontrol yang ketat untuk dana UMKM dimaksud,’’ kilahnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Palembang ini yang juga membidangi perekonomian dan keuangan, Danu menambahkan masih banyak sistem pemerintah yang menjadi permasalahan dan perlu dibenahi.

“Seperti penghasilan dari penarikan retribusi pasar, retribusi parkir, pajak hotel, pajak restoran, harusnya dilaporkan secara online. Ya jangan secara manual lagi, agar penghasilan dari semua bisa meningkat dan laporannya lebih jelas,”paparnya.

Ketua Partai NasDem Kota Palembang ini, juga berharap penghasilan dari Dinas Pasar dan Retribusi Parkir, bisa ditingkatkan. Kemudian pajak rumah makan dan pajak hotel bisa dikelola secara benar dan bidang- bidang lain bisa dibenahi.” Jelasnya lagi.

Menyinggung masalah pemilihan legislatif 2019 nanti, Danu sebagai Ketua Partai NasDem Kota Palembang, mentargetkan para Calon Legislatif (Caleg) bisa menduduki unsur ketua dan Danu sangat yakin Partai NasDem bisa  meraihnya. (*)

laporan : muhamad akip
Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed