oleh

Etika Perjuangkan Nasib UKM

PALEMBANG, SuaraSumselNews |  Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peranan cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Namun dalam perkembangannya, UKM masih menghadapi berbagai kendala, sejak tahun 2010 terdapat enam masalah pokok yang menghalangi UKM untuk menaikkan kelas usahanya. Keenam poin tersebut yakni pengetahuan, pemasaran, permodalan, teknologi, legal maupun administrasi keuangan, dan jaringan.

Minimnya pengetahuan untuk pengembangan bisnis merupakan masalah utama bagi pelaku UKM Indonesia. Selain itu pasar menjadi kendala selanjutnya karena banyak pelaku UKM memulai usaha karena terpaksa, bukan diawali dengan apa yang diinginkan konsumen, hampir 90% pelaku UKM mulai usahanya by accident bukan by design.

Keprihatinan terhadap UKM yang kian tahun masih belum menunjukan kemajuan, apalagi bagi mereka yang kurang pemahaman terhadap usaha ini membuat Calon Anggota Legislatif Provinsi Sumsel dari Partai Gerindra, Etika SE. MM memaksa dirinya untuk berkeyakinan maju dalam Pileg 2019.

“Saya berkeinginan untuk maju, terutama bagi daerah seperti dapil yang saya ambil nanti, yaitu Kabupaten Muara Enim dan Prabumulih. Dari sanalah para UKM akan lebih kita tingkatkan lagi dengan cara memberikan modal kepada mereka,” ujar Etika usai menghadiri malam keakraban Anggota BPC HIPMI Kota Palembang yang di gelar di Hotel All Nite & Day, Jumat malam (14/9) Jalan Rajawali Palembang.

Bakal Calon Legislatif Dapil VI ini mengungkapkan dirinya berkeyakinan jika terpilih dirinya akan terus memperjuangkan UKM untuk lebih bisa mandiri dan lebih maju dengan cara memberikan pemahaman serta memperjuangkan hak mereka serta membantu mencari permodalan bagi usaha mereka, singkatnya. (asr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed