by

Lahan Terbatas, Hasilkan Jumbo

Anggota AMBI Ternak Ikan Lele Organik

PALEMBANG, SuaraSumselNews – MENJANJIKAN !!! Ternak ikan lele organik. Dan satu-satunya usaha budidaya ikan lele organik di Sumsel yang mampu menggunakan lahan sangat terbatas, tapi menghasilkan cukup fantastis.

Buktinya, Asosiasi Multi Bisnis Indonesia (AMBI) yang telah melakukan budidaya ikan lele besar (jumbo-red) dan nilai jualnya lebih mahal, dari ikan lele biasa.

Ketua AMBI Divisi Jakarta, Fitri Andriani mengakui, pengelolaannya menggunakan lahan yang terbatas. Namun mampu produksi ikan lele organik besar-besar dan berkualitas.

Misalnya, ikan lele ukuran 10 centimeter dan tak perlu dilakukan sortir. Karena semua ikan ‘dibibitkan’ sama ukuran yakni lebar lahan cukup dua meter dengan ketinggian 1,2 meter saja. ‘’Dan jumlah ikan bisa mencapai 6.000 bibit. Dan memang idealnya 3.000 bibit ikan saja,’’ ujar Fitri.

Diakuinya, kini pihaknya telah melakukan proyeksi ternak ikan lele organik dengan lokasi, Jalan Soekarno-Hatta Kota Palembang. Makanya, untuk sukses kegiatan ini, pihak AMBI terus berinovasi dalam berbagai upaya. Termasuk masalah pakan ikan lele.

Juga semua pakan semuanya dari bahan organik yang didatangkan dari Lampung. ‘’Mudah-mudahan dalam waktu dekat, AMBI akan produksi sendiri di Kota Palembang,’’ jelasnya.

Pastinya, semua pembibitan Ikan lele organik ini, ramah lingkungan. Dan airnya tak berbau, karena pakan yang digunakan semuanya dari bahan-bahan organik.

Sementara, bagi warga yang ingin bergabung dengan AMBI, tentunya memiliki usaha peternakan ikan lele. Dengan ragam program paket yang dapat di pelajari. Misalnya tentang paket penjualan bibit, paket kolam dan pakan tanpa resiko, tambah Fitri dengan bangga.

Selain itu urainya, bahwa Komunitas AMBI telah berdiri sejak 15 bulan lalu. Hingga saat ini anggotanya telah mencapai  200 yang tersebar di Sumsel. ‘’Kita terus lakukan pembinaan anggota. Baik anggota baru maupun yang lama,’’ paparnya. (*)

laporan : muhamad akip
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed