Breaking News Palembang POLITIK

Deru Bentuk Tim Transisi

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilkada

PALEMBANG, SuaraSumselNews – Gugatan sengketa Pilkada yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Pasangan Calon (Paslon) Gubernur – Wakil Gubernur Sumsel, nomor urut 4, Dodi-Giri, ditolak.

Dengan ditolaknya gugatan tersebut, maka KPU Sumsel bisa segera menetapkan Gubernur — Wakil Gubernur terpilih priode 2018-2023. Mereka sebagai peraih suara terbanyak, Paslon nomor urut 1, Herman Deru – Mawardi Yahya (HD-MY).

Usai sidang MK Kamis sore kemarin (9/8) di Jakarta, Herman Deru sangat bersyukur dengan putusan itu. Artinya, hasil pleno KPU Sumsel, memang benar kemenangan mereka pada Pilgub Sumsel, 27 Juni 2018 lalu.

Memang, sejak ada gugatan ke MK, Herman Deru tak yakin akan dikabulkan. ‘’Pasalnya, tak ada hal-hal yang krusial atau pelanggaran terstruktur dan sistematik,’’ jelas Deru kepada SuaraSumselNews, kemarin.

Namun demikian, putusan MK tersebut tetap ditunggu-tunggu oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Bumi Sriwijaya. Apalagi, pada 2013 lalu, ada tiga Pilkada di Sumsel harus ada Pemungutan Suara Ulang (PSU), yakni Pilgub Sumsel, Pilbup Empat Lawang dan Pilwako, Kota Palembang. Jadi putusan MK ini penting dan ditunggu masyarakat Sumsel.

‘’Dengan keluarnya putusan MK tersebut, artinya sudah final. Bahwa kami memang benar unggul dalam perolehan suara,’’ terang Deru.

Terkait putusan MK itu, diminta kepada semua pendukungnya untuk tidak euforia yang berlebihan. Dan katanya, bila nanti usai pelantikan, Deru ingin bertemu semua mantan Gubernur Sumsel yang masih ada. Misalnya, Ramli Hasan Basri, Rosihan Arsyad, Syahrial Oesman, Mahyudin NS dan Alex Noerdin. Dan termasuk semua mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel.

Pastinya dengan silaturahmi tersebut bertujuan peningkatan rasa kekeluargaan sesama. Baik itu sharing tentang program kerja yang sudah atau yang belum dilaksanakan oleh pendahulunya. Sekalian menjelaskan, program kerja HD-MY lima tahun ke depannya.

‘’Selain itu, kami minta pendapat, terkait program-program kerja yang telah disusun dan akan dilaksanakan,’’ urai Deru lagi.

Deru mengajak semuanya bersatu membangun Sumsel ke depan. Terkait Asian Games, dia mengaku akan datang bila dapat undangan. ‘’Tanpa diundang pun, saya sudah sosialisasikan Asian Games. Dan ini event internasional wajib didukung penuh,’’tuturnya.

Tambah Deru, pihaknya akan membuat tim transisi. Dan diharapkan DPRD Sumsel dalam penetapan APBD 2019 nanti, bisa melibatkan tim HD-MY. Paling tidak diskusi sebelum anggaran tersebut disahkan.

Penyebabnya? Karena akan terkait program-program kerja yang akan dikerjakan tahun anggaran 2019. Dan perlu sinkronisasi sesama, harap Deru. (*)

laporan : anwar rasuan
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment