Breaking News Ekonomi Palembang

Pempek Raih Rekor MURI

Sajikan 18.818 Buah Pempek di BKB

PALEMBANG, SuaraSumselNews – WARGA Kota Palembang berbondong-bondong saksikan penyajian pempek di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB). Acaranya dilaksanakan Rabu siang hingga sore (8/8).

Kegiatan ini terkait untuk menyambut pesta olahraga Asia, Asian Games XVIII Jakarta-Palembang. Dan memberikan nuansa kuliner khas Kota Palembang yang dikenal dengan pempeknya sudah mendunia.

Dengan penyajian pempek berjumlah 18.818 buah tersebut dengan aneka pempek yang ada. Tentu, memberikan nuansa ekonomi bagi warga kota sebagai produsen maupun sebagai konsumen.

Pastinya, warga dan pengunjung lainnya sangat antusias untuk merasakan pempek Palembang. Bukan hanya warga Kota Palembang saja, juga pendatang dari luar daerah, ikut hadir dan menikmatinya.

Diketahui, kegiatan ini atas kerjasama Teh Sosro dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Waktu acara dimulai dari pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Yang menariknya kegiatan tersebut dihadiri, Menteri  Pariwisata Arif Yahya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin (diwakili), Pj Wako Palembang, Ahmad Najib. Dan sejumlah para pejabat serta undangan lainnya.

Hadirnya menteri, tentunya memberikan kebanggaan tersendiri bagi penyelenggara. Apalagi, puluhan penari dari mahasiswa UPGRI Palembang, saat menyambut menteri menampilkan tarian kehormatan selamat datang untuk tamu yang terhormat.

Terkait kegiatan pempek ber SNI berjumlah 18.818 buah pempek dengan aneka ragamnya. Dan prestasi ini sebagai titik point untuk dunia.

Juga, asosiasi pempek sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Palembang, berharap mendapatkan perhatian dan pembinaan. Utamanya dari Pemprov Sumatera Selatan maupun dari instansi terkait lainnya.

‘’Itu semua, guna perkembangan dalam produksi, penjualan akan kebutuhan pempek untuk semua,’’ pinta sejumlah produsen makanan khas Palembang ini.

Mudah mudahan dengan pemecahan rekor MURI, pempek Palembang lebih mendunia. Termasuk hasil produksinya terus meningkat. ‘’Asian Games kali ini, wujud untuk promosi kuliner kita yang dinamis dan fantastis,’’ ujar anggota asosiasi pempek di Palembang.

Pj Wako Palembang, Ahmad Najib merasa bangga atas pemecahan rekor MURI pempek yang digelar di BKB. ‘’Momentum ini hendaknya dijadikan promosi wisata kuliner khas Palembang lebih dinamis,’’ ujarnya dengan bangga. (*)

laporan : muhamad akip
Print Friendly, PDF & Email