oleh

‘Bentuk 187 Dinas Perpustakaan’

Untuk Semua Kabupaten dan Kota

PALEMBANG, SuaraSumselNews- ANGGOTA DPR-RI Komisi XII, Sri Meliyani mengatakan, sebaiknya kita bertemu jangan seperti kapur dengan sirih. Usai bertemu, tak ada cerita untuk selanjutnya.

Penegasan ini dia kemukakan, usai hadiri Safari Gerakan Nasional Kebudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota 2018, yang di gelar Dinas Perpustakaan Sumsel, di Palembang, Selasa kemarin (23/7).

“Pemerintah harus menggiatkan program nasional kegemeran membaca. Karena, kewajiban kita untuk fokus tingkatkan indeks membaca. Jangan sampai berhenti di acara seperti ini saja,” pintanya.

Tambah Sri Meliyani, untuk gemar membaca biasanya, fasilitas adalah komponen terpenting guna tumbuhkan minat baca. Suasana yang nyaman dan fasilitas penunjang lainnya. Sehingga pembaca bisa kerasan untuk membaca buku.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel, Mislena menegaskan, kini pihaknya mengupdate koleksi buku-buku yang belum ada. Makanya, untuk sementara, akan meminjam dari pihak perpustakaan lainnnya.

“Secara birokrasi pengajuan anggaran untuk perpustakaan itu tidak begitu sulit. Namun dana ini terbatas. Sedangkan dana APBN  baru turun sekitar Rp 450 milyar dari target Rp 1 triliun. Nanti kedepannya, perlahan diupayakan mencapai Rp 750 milyar,” harapnya.

Sementara, Balai Perpustakaan Nasional, diwakili Deni Kurnadi menambahkan, bahwa akan ada 187 Dinas Perpustakaan yang akan di bentuk untuk di Kabupaten/Kota, untuk mendorong upaya pemerintah dalam menunjang indeks gemar membaca tersebut. “Supaya perpustakaan yang ada di Desa/Kelurahan nantinya, bisa memenuhi kebutuhan koleksi Informasi Dinas Perpustakaan (Dispus) di daerah secara struktural,” ujarnya.

Untuk soal tenaga atau pustakawan lanjut Deni, harus terus meningkatkan kualitasnya melalui pelatihan formal. Tujuannya, agar mampu memberikan layanan terbaik untuk semua masyarakat.

“Untuk layanan pada anak-anak, seperti layanan gadget akan kita luncurkan disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Tujuannya, untuk menangkap informasi dari media elektronik setiap harinya,’’ pungkasnya. (Asr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed