oleh

KPU Kembalikan Berkas

Bacaleg Masih Kurang Persyaratan

LUBUKLINGGAU, SuaraSumselNews- KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau bakal mengembalikan berkas pencalonan Bakal Calon Legislatif (bacaleg). Penyebabnya,  masih banyak belum memenuhi syarat administrasi.

Bila tak ada perubahan, rencananya, penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara akan dilaksanakan sekitar tanggal 8-12 Agustus 2018.

Divisi teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Wijayanto kepada wartawan kemarin mengatakan, setelah kami lakukan verifikasi berkas, rata-rata masih banyak bacaleg dari parpol masih kurang kelengkapan administrasi persyaratannya.

‘’Makanya, akan kami undang parpol guna menyerahkan berkas administrasi bacaleg yang belum lengkap untuk diperbaiki,” ujarnya. Kamis kemarin (19/8).

Selanjutnya masalah kekurangan syarat administrasi yang banyak ditemui dalam berkas bacaleg, antara lain ijazah belum dilegalisir, SKCK belum diupload, pas foto beda ukuran yang diminta. ‘’Hampir merata bacaleg yang diserahkan dari parpol masing-masing kurang persyaratan administrasinya,’’ terangnya.

Katanya, berdasarkan berkas dari 15 parpol yang masuk di KPU, terdata sebanyak 405 bacaleg yang bakal maju memerebutkan jatah 30 kursi legislatif. Sedangkan bacaleg dari Partai Garuda, dinyatakan gugur dan tidak dapat ikuti proses pencalegkan selanjutnya.

Diketahui dari semua berkas yang masuk ke KPU, ada 12 parpol telah menyerahkan daftar bacaleg. Masing-masing, 30 orang. Sedangkan dari PSI hanya 12 bacaleg, PKIP 17 bacaleg dan Berkarya 16 Bacaleg.

Kata Gatot, tahapan verifikasi administrasi daftar calon mulai dari 5-18 Juli 2018. Kemudian penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon pada Partai Politik (parpol) peserta pemilu, 19-21 Juli.

“Selanjutnya perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota, guna pengajuan bakal calon pengganti, 22-31 Juli. Kemudian, penyusunan serta penetapan Daftar Calon Sementara (DCS),  8-12 Agustus 2018,” tuturnya. (*)

laporan : marzuki
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed