oleh

Ratusan Brimob-TNI Amankan 4 Lawang

Diharapkan Pilkada Disini Tertib

TEBINGTINGGI, SuaraSumselNews- PENGALAMAN pada Pilkada Tahun 2013 lalu, hendaknya dijadikan pelajaran oleh kita semua. Selain itu, pasca terjadinya bentrok antar kedua pendukung Pasangan Calon (Paslon) Cabup-Cawabup di Empat Lawang beberapa waktu lalu, tampaknya menjadi pusat perhatian sehingga perlu meningkatkan status keamanan wilayah.

Pasalnya, sebanyak 100 anggota Brimob dari Polda Provinsi Bengkulu sebagai BKO ke Mapolres Empat Lawang untuk mengamankan Pemilukada dan Pilgub di Kabupaten Empat Lawang, yang telah tiba beberapa hari lalu.

Kali ini Mapolres Empat Lawang kedatangan ratusan anggota TNI berseragam lengkap disambut langsung Kapolres Empat Lawang dan didampingi Letkol KAV Sungudi (Dandim 0405-Lahat).Letkol ARM MuhSaifudin (Dan Yon Arhanud 12), Arianto Yudi Asmoro (Korwil III Binda Sumsel), Kompol Rafael Lingge (Wakapolres Empat Lawang).

Juga,Mayor Inf Ali Hanafiah (Pabung Empat Lawang), Kapten CHB Purwadi (Danramil 405-01/Tebing Tinggi), Kapten Inf Mulyadi (Danramil 405-06/Pendopo), Yon Zipur 2, BKO Brimob,  Yonkav 5, Arhanud 12, Yon Armed 15, Yon Raider 200/BN serta Dalmas Polres Empat Lawang.

Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan kepada wartawan mengatakan, Kabupaten Empat Lawang merupakan daerah rawan konflik Pilkada yang semula tingkat 7, saat ini akan menduduki tingkat 1 akibat kejadian bentrok di Desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi beberapa waktu lalu.

“Ya tadi pagi sekitar pukul 08.30 WIB, kita melakukan apel penerimaan pasukan dari TNI untuk Pengamanan Pilkada Empat Lawang 2018,” ujarnya Agus,Minggu kemarin.

Kata Agus, dari anggota TNI di BKO ke Kabupaten Empat Lawang sebanyak 313 anggota yang akan siaga untuk mengamankan Pilkada Kabupaten Empat Lawang.“BKO TNI dibawah kendali langsung Dan Yon Armed 15. Sedangkan saya (Kapolres – red) sebagai ploting pergerakan pasukan,” urainya.

Ditempat yang sama Letkol KAV Sungudi menuturkan,anggota BKO TNI terdiri gabungan Yon Zipur 2, Yon Raider 200, Yon Arhanud 12 dan Yon Kav 5 dibawah kendali Pangdam II/Swj. “BKO TNI segera melebur dengan masyarakat, untuk saling menjaga kondusifitas ditiap wilayah agar Pilkada berjalan dengan lancar,” imbuh Dandim Lahat Letkol KAV Sungudi.

Dia tegaskan, kepada anggota TNI yang di BKO di Kabupaten Empat Lawang agar berkoordinasi dengan satuan Teritorial dan Polsek setempat. “Netralitas TNI/Polri adalah NKRI HARGA MATI, jaga nama baik masing-masing satuan,”tegasnya.

Dari data yang diterima, TNI yang di BKO tersebut berada di Satuan Koramil. Masing-masing, Koramil 405-01/Tebing Tinggi 2 Pleton.Koramil 405-04/Ulu Musi 2 Pleton.Koramil 405-06/Pendopo 2 Pleton.Koramil 405-05/Muara Pinang 2 Pleton. Dan secara teknis kedudukan pasukan diatur di Opsdal Polres Empat Lawang (*)

laporan : agung purnomo
Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed