by

Menjanjikan, Tanam Padi Polybag

Hasilnya tak Kalah Padi di Sawah

INDRALAYA, SuaraSumselNews- BAGI masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang ingin bersawah padi, tetapi tak memiliki lahan persawahan. bisa dengan menanam padi di dalam polybag. Mulai dari pembibitan hingga panen dengan memanfaatkan halaman perkarangan.

Program tersebut merupakan salah satu program Pemkab Ogan Ilir melalui DPRD Ogan Ilir Dapil III, Irwan Noviatra, SH yang melakukan study banding sebelumnya. Salah satu desa yang menerapkan padi dalam polybag tersebut, diantaranya, Desa Kota Daro II Kecamatan Rantau Panjang.

Hasilnya pun cukup melimpah tidak kalah dengan produksi padi yang dipersawahan. Bahkan, Bupati Ogan Ilir, H.M Ilyas Panji Alam, saat menghadiri panen padi polybag di Desa Kota Daro II, berharap petani disini terus semangat agar beras Ogan Ilir melimpah tanpa harus kekurangan.

Keberadaan beras selalu dipantau dan diperhatikan di masyarakat. Makanya, peran dinas terkait sangat penting dalam meningkatkan surplus beras. Setiap tahun, jelas Ilyas, banyak persawahan yang dialih fungsikan. Sehingga berpengaruh pada menurunnya hasil produksi padi dan beras.

Sementara, Ketua Komisi II, Irwan Noviatra, mengatakan, inisiatif di tanamnya padi melalui polybag dari banyaknya halaman perkarangan rumah yang selama ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Walau halaman hanya sejengkal, bisa dimanfaatkan pemilik rumah menanam padi yang hasilnya cukup menjanjikan. (*)

laporan : gusti ali
Print Friendly, PDF & Email

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed