oleh

Seni Lukis, tak Coret LRT

FL2SN tingkat SMP di Palembang

PALEMBANG, SuaraSumselNews- DINAS Pendidikan (Disdik) Kota Palembang adakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) tingkat SMP se-Kota Palembang, selama 2 hari (11-12/4). Sedikitnya, 500 siswa SMP disini ikut bersaing guna meraih prestasi. Dan pelaksanaannya, di halaman Kantor Disdik Kota Palembang, Rabu (11/4).

Semua siswa yang bertanding pada FL2SN Kota Palembang kali ini, diharapkan mampu berprestasi hingga tingkat nasional dan bahkan internasional. Cabang perlombaan yang dilombakan, lomba menyanyi solo, seni tari, desain poster, gitar solo dan musik tradisional.

Pjs Wali Kota Palembang, Ahmad Najib mengatakan, seni itu adalah seni musik. Ada seni tari, sastra, seni lukis dan lainnya. Dan diharapkan, anak-anak ini bisa menyalurkan minat bakat nya. Jangan sampai mereka menyalurkan seni lukis, mencoret LRT.

Kita arahkan ke situ energi mereka itu bisa positif. Kemudian festival seni lagu lomba seni suara tadi kita lihat bagaimana mereka menyanyi. Bagaimana tarian yang tari-tari yang bermuatan seni daerah maupun rekreasi.

‘’Dan mereka juga semangat untuk mencintai budi pekerti. Bagaimana dengan seni disentuh dengan hati mereka bisa saling menghormati, menghargai dan berprestasi, masa depannya,” ujar Najib.

Kata Najib, diharapkan dari guru, orang tua dan semua jajaran pendidikan serta masyarakat untuk memberikan dukungan event seni dan olahraga. “Pemenang kompetisi ini nantinya, dikirim ke tingkat provinsi. Kita berharap siswa Kota Palembang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional,’’ harapnya.

‘’Selain itu, tambahnya, instansi yang membidangi budaya maupun seni olahraga ini, pendidik betul-betul memperhatikan mereka, sehingga pada saatnya, bisa tampil di dunia yang lebih tinggi lagi tingkat internasional,” bebernya.

Najib mengungkapkan, pihaknya siapkan anggaran untuk menggali potensi siswa melalui FL2SN. “Dinas Pendidikan setiap tahun anggarkan untuk festival seni ini. Ya, tak cukup pemerintah saja, harus ada bantuan masyarakat. Misalnya memberikan ruang melatih kelompok-kelompok sanggar seni,” kilahnya.

Diakuinya, pada perhelatan Asian Games nanti, Pemkot Palembang akan menampilkan kekayaan budaya. “Kita bisa ada lomba lagu daerah. Jadi kita ingin seni dan kebudayaan di Kota Palembang dikenal oleh orang luar,” tandasnya.

Sementara, Kepala Disdik Kota Palembang, Ahmad Zulinto melalui Kabid SMP Diknas Palembang, Herman Wijaya menguraikan, pada FL2SN kali ini, semua SMP negeri/swasta disertakan. Dengan peserta sedikitnya 250 sekolah atau 500 siswa lebih.

Kata Herman, tujuan dari FL2SN ini adalah membina dan meningkatkan kreativitas siswa di bidang seni dan menumbuh kembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa guna berkompetisi secara sehat, jelasnya. (*)

laporan : winarni
Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed