oleh

‘Bentuk Kabupaten Basemah’

Deru Dukung Apresiasi Tokoh Masyarakat

PAGARALAM, SuaraSumselNews- CALON Gubernur Sumsel nomor urut 1, Herman Deru menyetujui wacana pembentukan Kabupaten Basemah, hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat.

Gagasan dilakukan sejumlah tokoh Besemah beberapa tahun belakangan ini. Deru menegaskan bahwa wacana Kabupaten Besemah tersebut perlu didukung. Lantaran bertujuan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan yang terkenal subur tersebut.

“Sudah lama mendengar wacana pembentukan Kabupaten Basemah. Saya kira gagasan itu bagus dan perlu didukung oleh semua pihak. Secara pribadi siap untuk berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat Basemah guna membahas rencana tersebut,’’ ujar Deru ketika dialog dengan sejumlah Kepala Desa (Kades) dan tokoh masyarakat asal Jarai dan Tanjung Sakti, di Hotel Dharma Karya, Pagaralam, kemarin.

Menurutnya, wacana Kabupaten Basemah harus dilihat dari sisi ekonomi, geografis dan historis. Sehingga gagasan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut dapat dipahami oleh semua pihak. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memudahkan rentang kendali pemerintahan dan pelayanan kepada msayarakat.

“Saya optimis dengan potensi sumber daya alamnya yang besar, Kabupaten Basemah dapat direalisasikan. Pasangan HDMY punya pengalaman membedah dan membangun kabupaten baru hasil pemekaran. OKU Timur dan Ogan Ilir adalah kabupaten hasil pemekaran yang bisa maju. Kami punya pengalaman yang bisa dibagi,’’ papar mantan Bupati OKU Timur dua periode ini.

Dalam dialog bersama Deru tersebut, Basarudin, tokoh masyarakat Tanjung Sakti mengungkapkan, masyarakat dua kecamatan di kawasan Tanjung Sakti, Kecamatan Pasmah Ulu Manna Ilir (PUMI) dan Pasmah Ulu Manna Ulu (PUMU) sudah lama mengharapkan dibentuknya Kabupaten Basemah itu.

“Kami minta Pak Herman Deru dapat mendukung wacana Kabupaten Basemah itu. Jika Bapak terpilih menjadi gubernur. Kami minta Bapak mendukung dan memperjuangkannya,’’ pinta Basaruddin disambut tepuk tangan para tokoh masyarakat.

Burman, tokoh masyarakat Desa Rambai Kaca, Kecamatan Sukamerindu menyatakan siap mendukung Herman Deru menjadi Gubernur Sumsel. Dan yakin HD dapat mendukung dan menyetujui pembentukan Kabupaten Basemah yang telah diidam-idamkan masyarakat yang tinggal di kawasan Jarai Area, Tanjung Sakti dan Kota Agung tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, ratusan tokoh masyarakat menyampaikan bukti dukungan pembentukan rencana Kabupaten Basemah yang meliputi wilayah 9 kecamatan. Masing-masing, Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Sakti PUMI, Tanjung Sakti PUMI, Kota Agung, Tanjung Tebat dan Mulak . (ril)

Print Friendly, PDF & Email
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed