oleh

Pahami Gunakan Obat Anti Biotik

Dinkes Palembang Lakukan Sosialisasi

PALEMBANG, SuaraSumselNews- DINAS Kesehatan Kota Palembang, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penggunaan obat anti biotik. Khusus sosialisasi gerakan cerdas menggunakan obat (Germa Cermat), kemarin di Grand Duta Hotel.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Hj Letizia.M.Kes, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Hj Sri Yuli Ningsih,SKM,M.Kes, mengatakan, tujuanya kegiatan Germa Cermat ini adalah bagaimana masyarakat dapat mengetahui dalam menggunakan obat yang benar.

Masyarakat jika mengalami sakit atau demam sering menggunakan obat anti biotik. Padahal obat anti biotik itu, tidak boleh digunakan sembarangan dan harus ada penjelasan cara penggunaanya.

“Tujuanya bagaimana masyarakat itu supaya mengetahui penggunaan obat yang benar. Dosisnya bagaimana, aturan pakainya bagaimana dan masa kadaluarsanya sampai tanggal berapa. Hal itu masyarakat harus memahami,’’ ujar Sri Yuli kepada SuaraSuselNews, kemarin.

Katanya, jika obat tersebut sudah habis masa berlakunya, bila tetap digunakan bukannya menjadi sehat, malah jadi penyakit. Anti biotik itu tidak boleh di konsumsi sembarang dan ada aturan pakai yang berbeda.

Lanjut, Sri bahwa pemakaian obat 3X1 itu bukan setelah makan langsung minum obat, sore atau mau tidur. Bukan seperti itu cara penggunaanya. “Jadi ada rentan waktunya yakni 12 jam di bagi 3, jadi 8 jam tiap 24 jam, itu yang bener,’’ paparnya.

Andainya masyarakat di kasih obat berupa sirup, kebiasaannya sering disimpan dalam kulkas. Seharusnya masyarakat diteliti karena ada aturanya. ‘’Sirup itu seminggu setelah dibuka tidak boleh lagi di konsumsi,’’ urai Sri. (*)

laporan : winarni
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed